Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar / Hilyatul Mahsun Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar / Hilyatul Mahsun Rahmawati

Rahmawati, Hilyatul Mahsun (2012) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar / Hilyatul Mahsun Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif STAD Hasil belajar Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Dengan kerja sama antar siswa diharapkan dapat meningkatkan penguasaan materi tiap siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan di MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar yaitu hasil belajar siswa kelas IV yang rendah dan belum memenuhi KKM pada mata pelajaran IPA yaitu sejumlah 13 siswa atau 54 16% dari 24 siswa dan siswa yang mencapai KKM sejumlah 11 siswa atau 45 83% dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pelajaran penggolongan hewan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 di MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diambil dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan lembar pengamatan aktivitas dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD serta tes hasil belajar berupa tes formatif. Analisis data dimulai dari perencanaan tindakan hasil belajar pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat dijelaskan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi pelajaran pengggolongan hewan di MI Miftahul Hidayah meningkat. Hal ini ditujukkan dengan sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang mencapai KKM sejumlah 11 siswa atau 45 83% dari 24 siswa dan rata-rata kelas 70 83. Sedangkan pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sejumlah 21 siswa atau 87 50% dari 24 siswa dan rata-rata kelas 83 08. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini maka disarankan dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebaiknya memperhatikan hal-hal yang berkaitan pelaksanaan tindakan terutama persiapan guru. Sebaiknya guru mempelajari dengan baik tahapan-tahapan pelaksanaan STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item