Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Malang / Diana Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Malang / Diana Susanti

Susanti, Diana (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Malang / Diana Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMP Negeri 18 Malang menggunakan metode ceramah diselingi tanya jawab dan diskusi yang pembentukan kelompoknya tanpa memperhatikan kemampuan akademik sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung belajar dengan teman sebangku atau teman bermain. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang supaya siswa mempelajari informasi divergen dan tingkat tinggi melalui kerja kelompok. Setiap kelompok mendapatkan suatu topik bahasan dan setiap anggota kelompok mencari informasi tantang isi satu sub topik yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang pada bulan April-Mei 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 18 Malang berjumlah 36 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa diketahui dari hasil angket dan lembar observasi sedangkan hasil belajar siswa dapat diketahui dari selisih skor prates dan paskates. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan skor postes menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar siswa diketahui jika telah mencapai 8805 60 dan daya serap klasikal 80% siswa yang mencapai skor 8805 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan apabila dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan persentase dari indikator Attention sebesar 17 78% Relevance 21 34% Confidence 22 92% Satisfaction35 07%. Skor motivasi rata-rata hasil angket sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 3 22 meningkat menjadi 3 53 setelah dilakukan pelaksanaan tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 30 44 dan pada siklus II meningkat sebesar 37 46 dengan persentasi peningkatan 23 06%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 77 78% dan pada siklus II meningkat sebesar 91 67%. Jadi ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 13 89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item