Penerapan portofolio sebagai upaya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas 1 di SMU Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar oleh Ujang Surindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan portofolio sebagai upaya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas 1 di SMU Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar oleh Ujang Surindra

Surindra, Ujang (2010) Penerapan portofolio sebagai upaya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas 1 di SMU Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar oleh Ujang Surindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi dalam dunia potdidikan memegang peranan yang sangat penting dari hasil evaluasia kand iketahui perkembangans iswas elamar nengikutt prosesp ernbelajaranE. valuasiy ang biasad ipergunakano letr guru menggunakan tes akhir dalam bentuk tes obyektifmaupun tes subyektif. Untuk mengukur kemampuans iswa y angmencakupa spek-aspeyka ng lebih luas perlu digunakan trentuk evalrraqyi ang lain yang dikural denganp enilaiank omprehensif D alam dunia purdidikan dikenal berbagai cara atau metode dalam melakukan penilaian pembelajarans a lahs atunyaa dalahp orilaiand enganp ortofolio. Penelitiani ni betujuan untuk memperoletrg ambaranp enerapanm odel penilaianp ortofolio terhadapp rosesd anh asilb elajars iswa.P enelitianin i rnenggunakann rrcanganP enelitianT indakan Kelas (PTK) yang terdiri atasd ua siklus.P enelitiand ilakukanm ulaib ulanO ktober2 003 sampaid enganJ anuari 2004 di SMU NegeriI PonggokK abupatanB litar. Subyekp enelitiana dalah siswak elas1 -b semeste1r padat ahuna jaran2 003/2004y angt erdiri atas4 0 slswa. Hasitp enelitianin i menunjukkanb ahwar nodelp enilaianp ortofolio mampum eningkatkanp rosesb ela_iadra nh asilb elajars iswa.P adap elaksanaan siklusI siswab anyakm engalamki esulitand alarnp enyusunanp ortofolio hal inr dapatd isebabkanka renap adas aatp erencanaatnin dakanp anelitid ang uru tidak mengadakakne sepakatamn engenabi ahan-bahayna nga kand irnasukkand alam portofolio. Selaini tu siswaju ga mengalamki esulitand alamm enyusunk alimat. Padas iklus I juga diketahuia danyap eningkatajnu rnlah sisway ang mengajukan pertanyaand ari 5% menjadi1 2j% sedangkajna wabany ang diajukans iswaju ga mengalamki enaikanm eskipunk ecil yaitu dari 15%m enjadi 17 5%. Padaa khir siklus I dilakukan refleksi yang dipergunakan untuk perbaikan dalam rencana tindakanp adas ikluss elanjutnyaH. asilr efleksip adas iklus I menunjukkan adanyak esulitand alarnm enyusunp ortofolio olelr sisway ang disebabkank arena tidak adak esepakataann tarap eneliti.g uru dan siswa.P adap erencaniurtntn dakan siklusI I. penelitid an guru mengajaks iswau ntuk tnenentukanb ahan-bahayna ng digunakans ebagabi ukti bela-iasr iswa.D an hasilp enilaianp ortofolio padas iklus tl portofolio yangd ikumpulkano leh siswal ebih baik dan lebih lengkapji ka dibandingkanp adas iklusI . Keaktifans iswad alamh al bertanyad anm en-iawab juga mengalampi eningkatan. Dari hasil penilaian portofolio yang dilakukan oleh peneliti dan guru terlihat bahwat erjadi peningkatanh asil belajars iswas elamap elaksanaans iklus I dans iklusI I. Sedangkanp adah asilu langanh arianj uga mengalampi eningkatan. Dari hasil analisisd apat diketahui terdapatp erbedaany ang signifikan antara ulangan harian awal dangan ulangan harian siklus I begitujuga terdapat perbedaany ang sigrifikan antarau langanh arian awal dengans ikjlus ll dan perbedaansi gnifikana ntarau langanh arians iklusI dengans iklusI I. Dari hasil analisist f sebudt apat dikaahui terjadi peningkatanh asil belajar setelalt penerapanp ortofolio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26098

Actions (login required)

View Item View Item