Perbedaan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2018 antara semester genap tahun 2018/2019 dan 2019/2020 Prodi PJKR-FIK-UM / Heri Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2018 antara semester genap tahun 2018/2019 dan 2019/2020 Prodi PJKR-FIK-UM / Heri Irawan

Irawan, Heri (2021) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2018 antara semester genap tahun 2018/2019 dan 2019/2020 Prodi PJKR-FIK-UM / Heri Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM melaksanakan kegiatan pembelajaran di semester genap tahun 2018/2019 menggunakan metode pembelajaran luring dan semester genap tahun 2019/2020 menggunakan dua metode yaitu luring dan daring. Penerapan dua metode terdampak pada capaian hasil belajar di masing-masing semester oleh karena itu penting dilakukannya penelitian tentang prestasi belajar dengan judul ldquo Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 Antara Semester Genap Tahun 2018/2019 Dan 2019/2020 Prodi PJKR-FIK-UM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar semester genap antara tahun 2018/2019 dan 2019/2020 pada mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan survei bentuk deskriptif kuantitatif penelitian ini bersifat exposfacto dan termasuk jenis penelitian causal comparative. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 prodi PJKR-FIK-UM offering A berjumlah 39 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa prodi PJKR-FIK-UM offering A angkatan 2018 yang diambil menggunakan teknik purposive proportionate sytematic random sampling dengan proporsi 90% sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen non tes bentuk dokumentasi dan pengumpulan data menggunakan teknik Dokumentasi Kartu Hasil Studi (KHS). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berhubungan dengan alpha 0 05. Hasil analisis uji normalitas pada variabel prestasi belajar semester genap tahun 2018/2019 diperoleh D hitung 0 112 lt D tabel 0 224 artinya data berdistribusi normal dan uji normalitas pada variabel prestasi belajar semester genap tahun 2019/2020 diperoleh D hitung 0 134 lt D tabel 0 224 artinya data berdistribusi normal. Hasil analisis uji t diperoleh nilai t hitung -1 0146 lt t tabel 2 032245 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar semester genap tahun 2018/2019 dan 2019/2020 pada mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260968

Actions (login required)

View Item View Item