Pengaruh metode pembelajaran bermain dan Drill terhadap hasil belajar keterampilan Heading Bola Voli gandu level II pada Siswa SMP NEGERI 1 SUGIO Lamongan / Andy Tri Dianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran bermain dan Drill terhadap hasil belajar keterampilan Heading Bola Voli gandu level II pada Siswa SMP NEGERI 1 SUGIO Lamongan / Andy Tri Dianto

Dianto, Andy Tri (2021) Pengaruh metode pembelajaran bermain dan Drill terhadap hasil belajar keterampilan Heading Bola Voli gandu level II pada Siswa SMP NEGERI 1 SUGIO Lamongan / Andy Tri Dianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tri Dianto Andy. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain dan Drill Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Heading Bolavoli Gandu Level II Pada Siswa SMP Negeri 1 Sugio Lamongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Asim M. Pd. Kata Kunci Heading Metode Bermain Metode Drill Bolavoli Gandu Level II. Permainan bolavoli gandu level II diciptakan untuk menambah kesegaran jasmani siswa. Permainan ini merupakan modifikasi antara permainan bolavoli dengan permainan sepak takraw. Observasi awal yang saya lakukan dengan cara wawancara guru pendidikan jasmani bahwa siswa cenderung mudah merasa bosan saat melakukan aktivitas gerak dalam pendidikan jasmani. Hal tersebut karena metode pembelajaran yang cenderung membosankan dan juga siswa sering merasa kesulitan untuk melakukan teknik-teknik yang diajarkan. Tujuan peneltian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran bermain dan drill bolavoli gandu level II terhadap hasil belajar keterampilan heading bolavoli gandu level II siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sugio Lamongan. Rencana penelitian yaitu menggunakan metode eksperimental dengan perluasan rancangan pretest dan posttest dengan pemilihan kelompok yang diacak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode bermain dan metode drill variabel terikat yakni keterampilan heading dalam bolavoli gandu level II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sugio Lamongan yang berjumlah 26 siswa dengan 13 siswa kelompok pembelajaran metode bermain dan 13 siswa kelompok pembelajaran metode drill. Analisis varian satu arah dengan signifikansi 0 05 dapat diperoleh hasil berikut (1) Kelompok metode bermain taraf signifikan 0 003 lt 0 05 dengan rata-rata skor pretest metode pembelajaran bermain sebesar 65 dan posttest 77 61 dan dengan demikian skor posttest lebih besar daripada skor pretest. (2) Kelompok metode drill taraf signifikan 0 001 lt 0 05 dengan rata-rata skor pretest metode pembelajaran drill sebesar 68 dan posttest 86 92 dan dengan demikian skor posttest lebih besar daripada skor pretest. (3) Hasil uji hipotesis data posttest metode bermain dan metode drill diperoleh hasil signifikan 0 007 lt 0 05 dengan rata-rata skor posttest metode pembelajaran bermain sebesar 77 61 dan posttest metode pembelajaran drill posttest 86 92 jadi skor posttest metode pembelajaran drill lebih besar daripada skor posttest metode pembelajaran bermain. Disimpulkan pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode drill lebih berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan heading bolavoli gandu level II pada siswa daripada metode bermain. Metode bermain yang telah dilakukan kurang memberikan pengaruh hasil belajar siswa sehingga peneliti ingin memberikan saran pembelajaran dengan menggunakan metode drill dapat lebih dikembangkan dan juga nantinya penelitian ini bermanfaat untuk pembelajaran khususnya pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260959

Actions (login required)

View Item View Item