Pengembangan media pembelajaran terapi masase berbasis aplikasi articulate storyline untuk mahasiswa pjkr fik um 2017 / MUHAMMAD FAHMI AMIRUDDIN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran terapi masase berbasis aplikasi articulate storyline untuk mahasiswa pjkr fik um 2017 / MUHAMMAD FAHMI AMIRUDDIN

Amiruddin, Muhammad Fahmi (2021) Pengembangan media pembelajaran terapi masase berbasis aplikasi articulate storyline untuk mahasiswa pjkr fik um 2017 / MUHAMMAD FAHMI AMIRUDDIN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amiruddin Muhammad F. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Terapi Masase Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Mahasiswa PJKR FIK UM 2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Terapi Masase Articulate Storyline Pelaksanaan pembelarajan terapi masase tergolong masih monoton dimana pendidik atau dosen adalah sumber belajar satu-satunya. Pendidik atau dosen harus mencari dan memilih metode yang sesuai. Selain dari pemilihan metode pembelajaran pemilihan media pembelajaran juga berfungsi sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penyebaran instrumen analisis kebutuhan berupa angket yang diberikan kepada seluruh kelas PJKR FIK UM 2017 terdapat 130 angket yang kembali. Hasil analisis kebutuhan dari 130 mahasiswa PJKR FIK UM 2017 yang mengambil matakuliah masase mendapatkan hasil (1) 98% mahasiswa menyatakan bahwa mendapatkan materi terapi masase (2) 85% mahasiswa membutuhkan media pembelajaran baru dalam pembelajaran terapi masase (3) 98% mahasiswa menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa aplikasi pada pembelajaran terapi masase. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran terapi masase berbasis aplikasi articulate storyline untuk mahasiswa PJKR FIK UM 2017. Pengembangan ini mengadaptasi metode pengembangan yang dikemukakan oleh Lee and Owen (2004 93). dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan dan 5) evaluation atau evaluasi produk. Dalam penelitian ini terdapat subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 10 mahasiswa dan uji coba besar sejumlah 50 mahasiswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah aplikasi terapi masase yang bisa diakses melalui android phone secara offline atau tanpa jaringan internet. Berdasarkan dari hasil analisis oleh para ahli maka diperoleh persentase sebesar 97% untuk ahli media 86% untuk ahli pembelajaran 89% untuk ahli terapi masase. Berdasarkan uji coba kelompok maka diperoleh hasil 95% untuk uji coba kelompok kecil dan 90% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran terapi masase berbasis aplikasi articulate storyline dapat dikatakan ldquo layak digunakan rdquo sebagai media pembelajaran terapi masase untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) 2017. Disarankan penggunaan produk hanya untuk pembelajaran terapi masase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260957

Actions (login required)

View Item View Item