Pratiwi, Yuspita Kusmilasari Retno Wulandari Indah (2021) Pengembangan media pembelajart melalui aplikasi untuk an tentang variasi permainan gerak lokomotor lompat dasekolah dasar kelas iv di kecamatan Jabung kabupaten Malang / Yuspita Kusmilasari Retno Wulandari Indah Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kusmilasari Y. 2020. Pengembangan Media pembelajaran Tentang Variasi Permainan Gerak Lokomotor Lompat dan Loncat Melalui Aplikasi Untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV Di Kecamatan Jabung kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd. Kata Kunci Media Lompat Loncat Permainan Articulate Storyline Gerak dasar lompat dan loncat merupakan gerak dasar lokomotor yang perlu dikembangkan pada usia anak sekolah dasar atau usia 6-8 tahun. Gerak dasar lokomotor merupakan dasar dari macam-macam keterampilan yang sangat perlu adanya bimbingan latihan dan pengembangan agar anak-anak dapat melaksanakan dengan benar. Dalam proses pembelajaran materi lompat dan loncat juga diajarkan melalui permainan akan tetapi variasi dalam permainan lompat dan loncat yang diberikan kurang karena lompat dan loncat belum pernah dikemas dalam bentuk media pembelajaran berupa aplikasi. Untuk itu perlu dikembangkan pembelajaran melalui aplikasi apalagi saat kondisi seperti ini yaitu pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan kepada guru KKG PJOK Sekolah Dasar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang dapat disimpulkan bahwa guru belum pernah mengajarkan materi variasi permainan lompat dan loncat melalui media pembelajaran berupa aplikasi Articulate Storyline. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tentang variasi permainan lompat dan loncat melalui aplikasi untuk KKG PJOK Sekolah Dasar Kelas IV di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan oleh Lee and Owens (2004 93). dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan dan 5) evaluation atau evaluasi produk. Dalam penelitian ini terdapat subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 8 guru dan uji coba besar sejumlah 17 guru. Hasil dari pengembangan ini adalah media pembelajaran tentang variasi permainan gerak lokomotor lompat dan loncat melalui aplikasi berupa Articulate Storyline yang dapat digunakan sebagai media pendukung untuk mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran secara unik dan ringkas serta menambah semangat peserta didik untuk menerima materi yang menyenangkan dan tidak membosankan. Maka disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran tentang variasi permainan gerak lokomotor lompat dan loncat untuk kelas IV Sekolah Dasar yang berbasis aplikasi Articulate Storyline dapat dikatan ldquo layak digunakan rdquo sebagai media pembelajaran materi atletik lompat dan loncat kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/260955 |
Actions (login required)
View Item |