Wardhana, Ido Fahmi (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran bulutangkis berbasis aplikasi articulate storyline untuk Guru kkg PJOK SD di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Ido Fahmi Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Waedhana I. F. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bulutangkis Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk Guru Kkg Pjok Sd Di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. (2) Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran Kelompok Kerja Guru Bulutangkis articulate storyline Perangkat pembelajaran pada umumnya merupakan hal yang wajib dipersiapkan sebelum pembelajaran. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Terdapat materi permainan Bulutangkis yang bertujuan agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan gerak dasar yang terdapat dalam Bulutangkis berdasarkan data analisis kebutuhan di Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Bantur diperoleh data bahwa 90% guru belum pernah menggunakan media pembelajaran dari media berbasis aplikasi maupun dengan media video. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Bulutangkis berbasis aplikasi articulate storyline untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Lee and Owen (2004 93) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan 5) evaluation atau evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 8 guru PJOK SD dan subjek uji coba kelompok besar sejumlah 18 guru PJOK SD di Kecamatan Bantur. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 83 92% ahli permainan SD dengan persentase sebesar 91 07% ahli pendidikan jasmani olahraga dam kesehatan dengan presentase sebesar 73 68% ahli media dengan persentase sebesar 96 66% ahli Bulutangkis dengan presentase sebesar 75% uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 97% uji coba kelompok besar dengan presentase sebesar 99%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Produk pengembangan berupa aplikasi Articulate Storyline Perangkat aplikasi articulate storyline berisikan materi bulutangkis yang bisa diterapkan oleh siswa SD (Sekolah Dasar) dan Hasil pengembangan dan penelitian produk pembelajaran Bulutangkis berbasis aplikasi articulate storyline ldquo layak digunakan rdquo untuk pembelajaran Bulutangkis dan dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas VI terutama pada materi pembelajaran Bulutangkis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/260944 |
Actions (login required)
View Item |