Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Bustomi Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Bustomi Abidin

Abidin, Bustomi (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Bustomi Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abidin B. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar Di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. (2) Dr. Ari Wibowo Kurniawan M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran Kelompok Kerja Guru gerak dasar lompat articulate storyline Perangkat pembelajaran merupakan hal yang wajib dipersiapkan sebelum pembelajaran. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Terdapat materi permainan gerak dasar lompat yang bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan dan keterampilan gerak dasar yang terdapat dalam materi lompat berdasarkan data analisis kebutuhan di Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak diperoleh data bahwa 100% guru menyelenggarakan materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengenai pembelajaran gerak dasar lompat pada peserta didik di dalam kelas 100% guru menggunakan perangkat pembelajaran secara manual atau print out 100% guru belum pernah mengembangkan media pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline 55% guru belum pernah menggunakan media pembelajaran dari media berbasis aplikasi maupun dengan media video. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Lee and Owen (2004 93) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) desain produk 3) pengembangan produk 4) pelaksanaan 5) evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 8 guru PJOK SD dan subjek uji coba kelompok besar sejumlah 15 guru PJOK SD di Kecamatan Wajak. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 87% ahli permainan SD dengan persentase sebesar 99% ahli pendidikan jasmani olahraga dam kesehatan dengan presentase sebesar 79% ahli media dengan persentase sebesar 97% ahli atletik dengan presentase sebesar 81% uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 90% uji coba kelompok besar dengan presentase sebesar 88%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil pengembangan dan penelitian produk pembelajaran gerak dasar lompat berbasis aplikasi articulate storyline ldquo layak digunakan rdquo untuk pembelajaran gerak dasar lompat dan dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas IV terutama pada materi pembelajaran gerak dasar lompat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260934

Actions (login required)

View Item View Item