Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lempar berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Yofandre Putra Wintoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lempar berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Yofandre Putra Wintoro

Wintoro, Yofandre Putra (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lempar berbasis aplikasi articulate storyline untuk kelompok kerja guru (kkg) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang / Yofandre Putra Wintoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perangkat pembelajaran pada umumnya merupakan hal yang wajib dipersiapkan sebelum pembelajaran. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Terdapat materi permainan gerak dasar lempar yang bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan dan keterampilan gerak dasar lempar berdasarkan data analisis kebutuhan di Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak diperoleh data bahwa 100% guru pernah menyelenggarakan materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengenai pembelajaran gerak dasar lempar pada peserta didik di dalam kelas 45% guru belum pernah menggunakan perangkat pembelajaran penunjang dalam pembelajaran gerak dasar lempar seperti (Video VCD PPT DLL) 45% guru menggunakan perangkat pembelajaran penunjang berupa video 90% guru belum pernah mengetahui tentang perangkat pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran gerak dasar lempar berbasis aplikasi articulate storyline untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Lee and Owen (2004 93) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) melakukan design atau desain produk 3) development atau pengembangan produk 4) implementation atau pelaksanaan 5) evaluation atau evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 8 guru PJOK SD dan subjek uji coba kelompok besar sejumlah 15 guru PJOK SD di Kecamatan Wajak. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 87% ahli permainan SD dengan persentase sebesar 86% ahli pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan presentase sebesar 83% ahli media dengan persentase sebesar 96% ahli atletik dengan presentase sebesar 94% uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 86% uji coba kelompok besar dengan presentase sebesar 84%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil pengembangan dan penelitian produk pembelajaran gerak dasar lempar berbasis aplikasi articulate storyline ldquo layak digunakan rdquo untuk pembelajaran gerak dasar lempar dan dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas IV terutama pada materi pembelajaran gerak dasar lempar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260933

Actions (login required)

View Item View Item