Penerapan pembelajaran model student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang / Erna Mufidatul Hijriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang / Erna Mufidatul Hijriyah

Hijriyah, Erna Mufidatul (2008) Penerapan pembelajaran model student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang / Erna Mufidatul Hijriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hijriyah Erna Mufidatul. 2008. Penerapan Pembelajaran Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata kunci STAD motivasi hasil belajar Kendala utama yang terjadi selama proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 6 Malang adalah sulitnya membuat siswa aktif lebih dari 50% siswa dalam kelas belum tuntas belajarnya pada hasil Ujian Akhir Semester I Tahun Ajaran 2007/2008 dan motivasi siswa yang rendah diketahui dari ketidak antusiasan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Biologi dan banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Maka pembelajaran model STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok kecil yang mendorong dan membantu siswa dalam menguasai materi yang akan disajikan serta menumbuhkan suatu kesadaran bahwa belajar itu penting bermakna dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang melalui pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus siklus I terdiri atas enam kali pertemuan dan siklus II terdiri atas tujuh pertemuan penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Mei pada semester 2 tahun ajaran 2007-2008. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 27 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi dan hasil belajar siswa dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi asesmen kinerja respons siswa dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan nilai rata-rata persentase tes motivasi belajar siswa sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal ranah psikomotorik diukur berdasarkan peningkatan nilai rata-rata persentase yang terdapat pada asesmen kinerja. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi asesmen kinerja tes motivasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 61 5% (sedang) pada siklus I menjadi 83 9% (sangat baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 62 16% menjadi 94 59% ranah psikomotorik siswa juga mangalami peningkatan dari 54 28% (kurang) menjadi 60 9% (cukup).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item