Pengembangan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pelayaran Bangsa Barat ke Indonesia untuk Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Srengat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pelayaran Bangsa Barat ke Indonesia untuk Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Srengat

Mahendra, Riza Brandon (2021) Pengembangan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pelayaran Bangsa Barat ke Indonesia untuk Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Srengat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi pelayaran Bangsa Barat ke Indonesia merupakan salah satu materi yang cukup menarik untuk dibahas karena menceritakan tentang bagaimana sejarah kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia melalui jalur pelayaran. Berdasarkan observasi di SMAN 1 Srengat kebanyakan siswa kurang memahami bahwa mempelajari materi tersebut mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggaan pada Indonesia di masa lampau. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik untuk mengikuti dan menangkap materi pelajaran. Untuk itu diperlukan media pembelajaran baru untuk menunjang kekurangan media dalam pembelajaran sejarah sehingga metode ceramah guru bisa terbantu dengan baik dalam proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan media pop up book dalam pembelajaran sangat menarik dan membantu peserta didik dalam pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan keinginan siswa dan beberapa penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa pop up book yang menarik cenderung mendapat perhatian lebih dari siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan Sugiyono. Metode penelitian pengembangan Sugiyono tersebut selanjutnya di modifikasi oleh peneliti dengan menyingkat 10 langkah penelitian pengembangan Sugiyono (2016:409) menjadi 6 langkah. 6 langkah tersebut meliputi: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Validasi desain; (4) Uji coba produk; (5) Uji coba produk; dan (6) Revisi produk. Sebelum dilakukan uji coba, produk yang telah dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan validasi ahli materi, diperoleh hasil presentase sebesar 87,5% dan dari ahli media diperoleh presentase sebesar 95,8%. Hasil uji kelompok kecil memperoleh hasil presentase sebesar 92,5% dan 91,5% pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi, uji pengembangan, dan uji coba yang telah dianalisis dengan menggunakan kriteria Arikunto (2006) dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik atau sangat valid untuk digunakan. Dikatakan valid karena telah mencapai kriteria minimum sebuah media untuk layak digunakan dalam pembelajaran yaitu sebesar 54%. Kevalidan dari ahli materi mencangkup bahwa materi sudah sesuai dengan ketersesuain K.D., penulisan materi dan kesesuaian gambar dengan materi yang digunakan. Kevalidan dari ahli media meliputi kelengkapan komponen media pembelajaran meliputi cover, font, materi dan item-item yang dikembangkan dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:41
Last Modified: 16 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item