Studi tentang batik sendang ud. cahaya utama Kabupaten Lamongan / Vinna Oktaverina - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang batik sendang ud. cahaya utama Kabupaten Lamongan / Vinna Oktaverina

Oktaverina, Vinna (2021) Studi tentang batik sendang ud. cahaya utama Kabupaten Lamongan / Vinna Oktaverina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang batik Sendang UD. Cahaya Utama yang meliputi motif dan warna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah pemilik UD. Cahaya Utama Pengelola UD. Cahaya Utama dan karyawan UD. Cahaya Utama sejumlah 3 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk menganalisis data penelitian menggunakan empat alur yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan yaitu ada sekitar 20 macam motif batik Sendang yang terdiri dari motif klasik dan motif kontemporer. Batik Sendang memiliki makna yang mengandung kearifan budaya local dan juga sebagai simbolik. Sumber ide dari motif batik Sendang tidak jauh dari lingkungan kehidupan para pencipta motif atau para pengrajin batik. lalu warna-warna khas batik Sendang memberikan kesan dan makna tersendiri disetiap motifnya. Para pengrajin batik Sendang diharapkan terus berinovasi dalam menciptakan motif-motif batik Sendang dan juga terus bereksperimen dalam mengelola warna batik Sendang. Selain itu diharapkan para pengrajin batik Sendang tidak meninggalkan dan melupakan begitu saja terhadap motif-motif klasik batik Sendang. Bagi pemerintah diharapkan kerajinan batik Sendang selalu dijaga untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Lamongan. Selain itu hak paten pada batik Sendang juga sangat penting untuk melindungi motif-motif batik Sendang agar tidak ada pengakuan dari orang asing atau tidak ada yang bisa melakukan penjiplakan..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260859

Actions (login required)

View Item View Item