Nur Miftakhul Rizqi (2008) Pengembangan modul pembelajaran berbasis kontekstual dengan model siklus belajar pada materi pokok protista untuk pembelajaran biologi SMA/MA kelas X semester 1 / Nur Miftakhul Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perubahan kurikulum yaitu kurikulum 1994 yang diperbaiki menjadi kurikulum 2004 (kurikulum berbasis kompetensi) kemudian dalam perkembangannya disempurnakan dengan ditetapkannya Peraturan Menteri No. 22 Tahun 2006 berisi Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Isi) yang lebih dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mencakup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Observasi di SMAN 9 Malang menunjukkan bahwa mereka mempercayakan buku teks sebagai sumber belajar siswa sehingga pembelajaran kontekstual tidak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul yang berbasis kontekstual dengan siklus belajar mencakup model Buku Petunjuk Guru dan model Buku Siswa. Pelaksanaan pengembangan modul dalam penelitian mengunakan model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk (1974) yakni 4D-Model (Define Design Develop dan Disseminate). Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap dalam pengembangan modul namun rancangan penelitian ini mengadopsi sampai D yang ketiga. Validasi isi perangkat dilakukan oleh ahli bidang pengembangan medi pembelajaran yaitu Drs. Pudyo Susanto M.Pd dan ahli materi Dra. Murni Saptasari M.Si. Validasi implementasi modul ini dilakukan oleh Guru mata pelajaran Sain-Biologi (Ibu Ruliati S.Pd.dan Ibu Ellya S.Pd) dan siswa kelas X5 dan X6 semester 1 SMAN 9 Malang. Hasil validasi isi modul yang dikembangkan memperoleh pencapaian 78 23% dari validator 1 81 37% dari validator 2 92 06% dari validator 3 dan 96 82% dari validator 4.Persentase tersebut sesuai dengan kriteria cukup baik tanpa direvisi. Sedangkan hasil validasi implementasi diperoleh sebesar 86 36% sesuai dengan kriteria baik tanpa direvisi. Beberapa revisi tetap dilakukan berdasarkan saran-saran yang diberikan oleh validator dengan tujuan untuk menyempurnakan modul yang dikembangkan. Pada akhir penelitian ini dihasilkan produk berupa modul berbasis kontekstual yang valid dan siap digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26081 |
Actions (login required)
View Item |