Pengembangan modul pembelajaran sistem pencernaan mMakanan berbasis kontekstual dengan siklus belajar untuk SMP kelas VIII / Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran sistem pencernaan mMakanan berbasis kontekstual dengan siklus belajar untuk SMP kelas VIII / Dwi Lestari

Dwi Lestari (2009) Pengembangan modul pembelajaran sistem pencernaan mMakanan berbasis kontekstual dengan siklus belajar untuk SMP kelas VIII / Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mulai tahun 2006 pemerintah telah mengeluarkan Permen Diknas no. 22 23 dan 24 . Diberlakukannya Permen tersebut disertai adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan. Kurikulum ini dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah yang berpedoman pada standar isi. Untuk mengetahuii sejauh mana kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum ini maka diperlukan analisis konteks sebelum pelaksanaan kurikulum ini. Analisis konteks dilakukan di SMPK Celaket 21 yang meliputi analisis potensi dan kekuatan yang ada di sekolah analisis peluang dan tantangan serta identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dari analisis konteks diperoleh beberapa masalah yang muncul serta alternatif pemecahannya. Beberapa masalah yang muncul adalah kurang optimalnya penggunaan laboratorium IPA sumber belajar yang hanya berasal dari LKS proses pembelajaran yang monoton serta karakteristik individu tidak diakui. Dari hasil analisis masalah maka diperoleh solusi pemecahan yang salah satunya adalah pengembangan modul pembelajaran berbasis kontekstual dengan siklus belajar. Dengan pembelajaran menggunakan modul siswa dapat belajar mandiri maju sesuai dengan potensi dan kecepatan belajarnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul pembelajaran yang berbasis kontekstual- Learning Cycle. Modul pembelajaran yang dikembangkan berupa Buku Petunjuk Guru Lembar Kegiatan Siswa Kunci Lembar Kegiatan Siswa Lembaran Tes Kunci Lembaran Tes. Pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk (1974) yakni 4D-Model (Define Design Development dan Disseminate). Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap dalam pengembangan modul pembelajaran namun rancangan penelitian ini mengadopsi sampai D yang ketiga. Subyek validasi adalah 2 dosen ahli pengembangan modul dan materi serta 2 guru SMPK Celaket 21 Malang. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMPK Celaket 21 Malang kelas VIII. Setelah dilakukan hasil uji validasi secara keseluruhan dari buku petunjuk guru memiliki kriteria cukup valid dengan persentase masing-masing kevalidan dari V1 sebesar 75 64 % V2 sebesar 91 66 % V3 sebesar 76 81 % dan V4 sebesar 88 40 %. Sedangkan kevalidan keseluruhan dari lembar kegiatan siswa diperoleh persentase sebesar 79 36 % dengan kriteria cukup valid. Kunci lembar kegiatan siswa memperoleh angka kevalidan dari V1 71 42 % dengan kriteria kurang valid dan dari V2 sebesar 91 66 % dengan kriteria cukup valid. Lembaran tes memperoleh angka kevalidan dari V1 sebesar 100 % dengan kriteria valid dan dari V3 dan V4 memperoreh kevalidan sebesar 83 33 % kriteria cukup valid. Kunci lembaran tes memperoleh angka kevalidan dari V1 sebesar 94 44 % dengan kriteria valid (tidak direvisi) dari V3 sebesar 83 88 % dengan kriteria cukup valid dan dari V4 memperoleh persentase kevalidan sebesar 100 % dengan kriteria cukup valid. Dari validasi implementasi diperoleh persentase sebesar 93 17 %. Beberapa revisi tetap dilakukan penulis berdasarkan saran-saran maupun masukan yang diberikan oleh validator dengan tujuan untuk menyempurnakan modul pembelajaran yang dikembangkan. Pada akhir penelitian ini dihasilkan produk berupa modul pembelajaran sistem pencernaan makanan berbasis kontekstual dengan siklus belajar yang siap digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item