Pengembangan media pembelajaran e-book interaktif bermuatan problem based learning untuk memberikan pemahaman konsep kendali motor listrik pada siswa Kelas XI TITL mata pelajaran IML di SMK. / Bagus Dwi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-book interaktif bermuatan problem based learning untuk memberikan pemahaman konsep kendali motor listrik pada siswa Kelas XI TITL mata pelajaran IML di SMK. / Bagus Dwi Prasetyo

Prasetyo, Bagus Dwi (2022) Pengembangan media pembelajaran e-book interaktif bermuatan problem based learning untuk memberikan pemahaman konsep kendali motor listrik pada siswa Kelas XI TITL mata pelajaran IML di SMK. / Bagus Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-book interaktif merupakan sumber informasi atau sumber belajar yang didalamnya terdapat komponen kalimat gambar audio video dan animasi yang mampu dilihat pada komputer ataupun perangkat elektronik lain yang mendukung dimana siswa mampu bernavigasi berinteraksi berkreasi dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mengukur kelayakan media pembelajaran dan mengukur pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-book interaktif bermuatan problem based learning. Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 6 Malang SMK Nasional Malang dan SMK Muhammadiyah Malang yang sudah atau sedang menempuh mata pelajaran instalasi motor listrik dengan jumlah sampel 50 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif. Hasil produk pada penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran e-book interaktif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil persentase dari ahli media sebesar 93% dan ahli materi sebesar 85%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 94 70% dan kelompok besar diperoleh persentase paham konsep sebesar 68 53% tidak paham sebesar 19 74% dan miskonsepsi sebesar 12%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran serta mampu memberikan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260734

Actions (login required)

View Item View Item