Pengaruh blended learning terhadap communication skills dan technical skills siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Melta Dhemahestri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning terhadap communication skills dan technical skills siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Melta Dhemahestri

Dhemahestri, Melta (2022) Pengaruh blended learning terhadap communication skills dan technical skills siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Melta Dhemahestri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dhemahestri Melta. 2021. Pengaruh Blended Learning Terhadap Communication Skills dan Technical Skills Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) Yogi Dwi Mahandi S.Pd. M.T. Kata Kunci blended learning comunicaion skills technical skills sekolah menengah kejuruan covid-19 penelitian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan menengah formal yang mempersiapkan siswa untuk bekerja dan menjadi tenaga profesional di bidang studinya. Ilmu yang diperoleh di SMK diharapkan dapat membawa peserta didik untuk memiliki karir yang bagus dengan kemampuan dan keterampilan yang dipelajari. Namun pada saat ini di seluruh dunia termasuk di Indonesia terkena virus covid-19. Hal tersebut sangatlah berdampak di berbagai bidang termasuk di pendidikan. Walaupun masih dalam kondisi pandemi covid-19 namun pembelajaran harus tetap dilakukan. Perpaduan pembelajaran secara tatap muka dengan pembelajaran online yang dinamakan blended learning adalah solusinya . Walaupun pembelajaran yang dilakukan blended learning tentunya communication skill atau keterampilan komunikasi sangat penting dimiliki oleh siswa SMK dan diimbangi dengan technical skills atau kemampuan keterampilan. Communication skills dan technical skills yang bagus haruslah dimiliki oleh lulusan SMK yang dituntut untuk memiliki kopetensi sesuai bidangnya sehingga tercetak lulusan optimal. Tujuan penelitian ini untuk..mengetahui pengaruh blended learning terhadap communication skills dan technical skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif karena pengumpulan data diperoleh dengan mengunakan serangkaian instrumen penelitian berupa kuisoner dan juga data nilai praktikum dari siswa di sekolah sehinga data yang diperoleh dapat dinumerikan. Data tersebut kemudian dapat diolah dengan teknik statistik. Teknik analisis data ini akan menghasilkan data yang objektif dan logis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Teknik sampel yang digunakan yaitu cluster rundom sampling karena dilakukan pemilihan sampel secara rundum dengan jumlah yang sama di tiap kelas. Perhitungan sample mengunakan slovin. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 84 siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara blended learning terhadap communication skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung sebesar 38 7 % (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara blended learning terhadap technical skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung sebesar 6 5 % terdapat pengaruh yang signifikan antara blended learning terhadap communication skills dan technical skills siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung sebesar 43 4 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260733

Actions (login required)

View Item View Item