Hubungan antara kemampuan komunikasi dan leadership dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21 mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Dewi Sintiya Mariyanova - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan komunikasi dan leadership dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21 mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Dewi Sintiya Mariyanova

Mariyanova, Dewi Sintiya (2021) Hubungan antara kemampuan komunikasi dan leadership dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21 mahasiswa s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Dewi Sintiya Mariyanova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di abad ke-21 ini seseorang harus memiliki berbagai keterampilan dalam menghadapi kehidupan sesuai perkembangan saat ini. Keterampilan yang penting pada era ini yaitu berpikir kritis kreativitas komunikasi kolaborasi dan sebagainya. Beberapa faktor yang dapat mendukung kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21 adalah komunikasi dan leadership. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui (1) Hubungan kemampuan komunikasi dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21 (2) Hubungan leadership dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21 (3) Hubungan antara kemampuan komunikasi dan leadership secara keseluruhan dengan kemampuan manajemen kelas bagi calon guru abad ke-21. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa S1 PTE 2017 Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sebanyak 92 mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah micro teaching. Semua populasi diambil untuk dijadikan sampel penelitian dengan tujuan memperkecil tingkat kesalahan. Pengukuran pada variabel kemampuan komunikasi (X1) leadership (X2) dan kemampuan manajemen kelas (Y) menggunakan angket yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitas. Variabel kemampuan komunikasi (X1) leadership (X2) dan kemampuan manajemen kelas (Y) secara berurutan tingkat reliabilitas memiliki nilai sebesar 0 940 0 967 dan 0 974. Teknik analisa data penelitian yang digunakan ini merupakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Dari hasil penelitian menunjukkan gambaran (1) kemampuan komunikasi dalam kategori tinggi dengan persentase 52 173% (2) leadership dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 52 173% (3) Kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21 dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 53 260%. Kontribusi terhadap kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21 untuk sumbangan relatif kemampuan komunikasi 25 18% dan sumbangan relatif leadership 74 77%. Sumbangan efektif kemampuan komunikasi 19 72% dan sumbangan efektif leadership 58 55%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi (X1) dengan kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21 (Y) leadership (X2) dengan kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21 (Y) serta kemampuan komunikasi (X1) dan leadership (X2) secara simultan dengan kemampuan manajemen kelas calon guru abad ke-21(Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260725

Actions (login required)

View Item View Item