Hubungan adversity quotient dan mastery goal orientation terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas xii kompetensi keahlian titl SMK se-Kota Malang / Muhammad Firman Ristiawansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan adversity quotient dan mastery goal orientation terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas xii kompetensi keahlian titl SMK se-Kota Malang / Muhammad Firman Ristiawansyah

Ristiawansyah, Muhammad Firman (2022) Hubungan adversity quotient dan mastery goal orientation terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas xii kompetensi keahlian titl SMK se-Kota Malang / Muhammad Firman Ristiawansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMK sebagai calon tenaga kerja penting untuk memiliki kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 (KMK-4.0) agar dapat mengikuti dan bersaing dalam perkembangan zaman. Dibutuhkan adversity quotient (AQ) dan mastery goal orientation (MGO) sebagai aspek pendukung kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 (KMK-4.0). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi tingkat AQ MGO dan KMK-4.0 (2) hubungan AQ terhadap KMK-4.0 (3) hubungan MGO terhadap KMK-4.0 dan (4) hubungan AQ dan MGO terhadap KMK-4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif rancangan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 93 siswa kelas XII kompetensi keahlian TITL SMK se-Kota Malang dengan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Tingkat reliabilitas variabel KMK-4.0 AQ dan MGO berturut-turut yaitu 0 846 0 872 dan 0 880. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi parsial dan regresi berganda uji prasyarat analisis dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tingkat KMK-4.0 berkategori tinggi dengan persentase 46 23% tingkat AQ berkategori tinggi dengan persentase 40 86% dan tingkat MGO berkategori tinggi dengan persentase 44 09%. Hubungan secara parsial antara AQ dan KMK-4.0 memiliki nilai sig (0 00 lt 0 05) dan antara MGO dan KMK-4.0 memiliki nilai sig (0 00 lt 0 05). Hubungan secara simultan antara AQ dan MGO terhadap KMK-4.0 memiliki nilai sig F (0 00 lt 0 05) dengan nilai R sebesar 0 876. Kontribusi masing-masing variabel bebas terhadap KMK-4.0 untuk sumbangan efektif AQ sebesar 33 8% MGO sebesar 42 8% dan sumbangan relatif AQ sebesar 44 1% dan MGO sebesar 55 9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat KMK-4.0 AQ dan MGO siswa dalam kategori tinggi (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara AQ dengan KMK-4.0 dan antara MGO dengan KMK-4.0 dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara AQ dan MGO terhadap KMK-4.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260719

Actions (login required)

View Item View Item