Hubungan antara digital literacy dan pedagogical capability terhadap innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Oktavia Supriatiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara digital literacy dan pedagogical capability terhadap innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Oktavia Supriatiningsih

Supriatiningsih, Oktavia (2022) Hubungan antara digital literacy dan pedagogical capability terhadap innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Oktavia Supriatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Innovative Learning Capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 adalah kemampuan calon guru untuk melakukan inovasi secara berkelanjutan untuk menciptakan strategi motode model pembelajaran agar mencapai tujuan pendidikan abad 21. Mahasiswa S1 PTE yang berada dimasa transisi dari mahasiswa menjadi calon guru memiliki tanggung jawab yang besar terhadap innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21. Faktor yang diduga mempengaruhi mempengaruhi innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 mahasiswa S1 PTE UM (Y) yaitu digital literacy (X1) dan pedagogical capability (X2). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkap (1) tingkat digital literacy (X1) pedagogical capability (X2) dan innovative learning capability calon guru untuk pembelajaran abad 21 (Y) (2) signifikansi hubungan secara parsial X1 terhadap Y (3) signifikansi hubungan secara parsial X2 terhadap Y dan (4) signifikansi hubungan secara simultan X1 dan X2 terhadap Y. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional bersifat ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE angkatan 2017 dan S1 angkatan 2018 yang telah mengikuti kegiatan KPL sejumlah 86 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda uji prasyarat analisis dan analisis sumbangan prediktor. Data penelitian akan diolah dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel X1 berada pada kategori sedang dengan persentase 37% variabel X2 berada pada kategori sedang dengan persentase 45% dan level Y berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 42%. Hubungan parsial antara X1 dan Y adalah sig. (0 000 lt 0 05) dan antara X2 hingga Y nilai sig. (0 007 lt 0 05). Hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan nilai Y sig. F (0 000 lt 0 05) dengan nilai R 0 609. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y untuk kontribusi efektif X1 sebesar 27 72% X2 sebesar 12 35% dan kontribusi relatif X1 sebesar 74 72% X2 sebesar 33 29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel X1 dan X2 berada dalam kategori sedang dan Y berada dalam kategori yang sangat tinggi. Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y. Ada hubungan positif dan signifikan simultan antara X1 dan X2 pada Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260718

Actions (login required)

View Item View Item