Hubungan keterbukaan terhadap media sosial dan kebermanfaatan mata kuliah manajemen inovasi dengan technology absorption capability di era revolusi industri 4.0 Mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Muchammad Bagoes Putra Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterbukaan terhadap media sosial dan kebermanfaatan mata kuliah manajemen inovasi dengan technology absorption capability di era revolusi industri 4.0 Mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Muchammad Bagoes Putra Ramadani

Ramadani, Muchammad Bagoes Putra (2022) Hubungan keterbukaan terhadap media sosial dan kebermanfaatan mata kuliah manajemen inovasi dengan technology absorption capability di era revolusi industri 4.0 Mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Muchammad Bagoes Putra Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu cepat di era revolusi industri 4.0 menjadikannya landasan dibutuhkannya kemampuan untuk menyerap teknologi dengan baik. Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro sebagai calon guru juga memiliki kewajiban memiliki kemampuan technology absorption guna mencetak generasi yang memiliki penyerapan teknologi dengan baik. Keterbukaan terhadap media sosial juga diperlukan dalam menyerap teknologi sebagai sumber referensi terkait teknologi terbarukan di era revolusi industri. Selain itu kebermanfaatan mata kuliah Manajemen Inovasi juga dibutuhkan dalam mengelola ide dan inovasi dalam mengembangkan teknologi bagi mahasiswa calon guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat technology absorption capability (Y) (2) mendeskripsikan tingkat keterbukaan terhadap media sosial (X1) (3) mendeskripsikan tingkat kebermanfaatan mata kuliah Manajemen Inovasi (X2) (4) mengungkap signifikansi hubungan X1 terhadap Y (5) mengungkap signifikansi hubungan X2 terhadap Y dan (6) mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 terhadap Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu 82 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro UM angkatan 2017 dan 2018 yang telah menempuh mata kuliah Manajemen Inovasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel X1 X2 dan Y berturut-turut yaitu 0 869 0 917 0 949. Uji analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis parsial dan simultan (model analisis regresi berganda) dengan menggunakan aplikasi SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pedoman taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan gambaran variabel X1 yang dikategorikan tinggi dengan presentase 37 8 %. Gambaran variabel X2 dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 52 4 %. Gambaran variabel Y dikategorikan sangat tinggi dengan presentase 52 4 %. Kontribusi variabel bebas terhadap technology absorption capability terdiri dari sumbangan relatif keterbukaan terhadap media sosial sebesar 26 8 % dan kebermanfaatan mata kuliah Manajemen Inovasi sebesar 73 2 %. Sumbangan relatif keterbukaan terhadap media sosial sebesar 19 2 % dan untuk kebermanfaatan mata kuliah Manajemen Inovasi sebesar 52 4 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 terhadap Y X2 terhadap Y serta X1 dan X2 secara simultan terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260717

Actions (login required)

View Item View Item