Perbandingan penerapan model double loop problem solving dibandingkan dengan model logan aveneu problem solving-h dipadukan metode drill and practice pengaruhnya terhadap miskonsep pemahaman instalasi motor listrik pada siswa kelas xi teknik instalasi tenaga Listrik SMKN 2 Probolinggo / Candrarani Ghassani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model double loop problem solving dibandingkan dengan model logan aveneu problem solving-h dipadukan metode drill and practice pengaruhnya terhadap miskonsep pemahaman instalasi motor listrik pada siswa kelas xi teknik instalasi tenaga Listrik SMKN 2 Probolinggo / Candrarani Ghassani

Ghassani, Candrarani (2021) Perbandingan penerapan model double loop problem solving dibandingkan dengan model logan aveneu problem solving-h dipadukan metode drill and practice pengaruhnya terhadap miskonsep pemahaman instalasi motor listrik pada siswa kelas xi teknik instalasi tenaga Listrik SMKN 2 Probolinggo / Candrarani Ghassani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan pemahaman terhadap suatu konsep ilmiah. Miskonsepsi dapat disebabkan oleh siswa itu sendiri buku pelajaran yang dibaca serta berasal dari guru. Siswa mengalami miskonsepsi terjadi karena mempelajari sesuatu hal secara tidak lengkap maupun perkembangan kognitif yang tidak sempurna. Kesalahan pemahaman dapat terjadi karena membaca buku penggunaan bahasa yang tidak dapat dipahami oleh siswa. Penggunaan metode yang tidak memberikan kesempatan untuk menyampaikan pengetahuan yang dimiliki. Jika siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pengetahuannya maka guru akan menemukan siswa yang mengalami miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan rata-rata miskonsepsi karena pengaruh Double Loop Problem Solving dipadu metode Drill and Practice dibandingkan Logan Aveneu Problem Solving-Heuristic (LAPS-H) dipadu metode Drill and Practice pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan pola pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 berjumlah 33 siswa diberi perlakuan model pembelajaran logan Avenue Problem Solving ndash Heuristic dipadu metode Drill and Practice dan kelas XI TITL 2 berjumlah 33 siswa diberi perlakuan Double Loop Problem Solving dipadu metode Drill and Practice. Hasil Uji-t pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji hipotesis mengenai perbedaan kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai signifikasi 0 001. Hasil uji hipotesis tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2. Hasil penelitian juga dapat dilihat bahwa (1) hasil tes kemampuan pemahaman konsep kelas XI TITL 2 lebih tinggi daripada kelas XI TITL 1 dan (2) tingkat miskonsepsi kelas XI TITL 2 lebih rendah daripada kelas XI TITL 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model Double Loop Problem Solving dipadu metode Drill and Practice berpengaruh lebih dalam mereduksi miskonsepsi siswa daripada model logan Avenue Problem Solving ndash Heuristic dipadu metode Drill and Practice. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dipadu strategi induktif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk mereduksi miskonsepsi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260708

Actions (login required)

View Item View Item