Hubungan antara keteladanan dosen dan kebermaknaan praktik pembelajaran mikro terhadap persepsi berkarir sebagai guru SMK pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Sandy Elroy Griseldis - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keteladanan dosen dan kebermaknaan praktik pembelajaran mikro terhadap persepsi berkarir sebagai guru SMK pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Sandy Elroy Griseldis

Griseldis, Sandy Elroy (2021) Hubungan antara keteladanan dosen dan kebermaknaan praktik pembelajaran mikro terhadap persepsi berkarir sebagai guru SMK pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Sandy Elroy Griseldis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat ini minat mahasiswa untuk menjadi guru tergolong rendah dalam bidang minat ataupun akademik. Oleh karena itu diperlukan keteladanan dosen dan kebermaknaan praktik pembelajaran mikro yang memengaruhi persepsi pada mahasiswa S1 PTE. Matakuliah praktik pembelajaran mikro dapat memengaruhi kemampuan pedagogik seorang mahasiswa dan menumbuhkan persepsi berkarir sebagai guru. Berdasarkan hal berikut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Keteladanan Dosen (X1) Kebermaknaan Praktik Pembelajaran Mikro (X2) dan Persepsi Berkarir Sebagai Guru SMK (Y) serta mengetahui signifikansi antar (1) (X1) dengan (Y) (2) (X2) dengan (Y) (3) (X1) dan (X2) dengan (Y). Rancangan yang digunakan pada penelitian ialah deskriptif korelasional. Teknik sampling menggunakan samping jenuh. Sampel penelitian ialah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2016 sebanyak 82 responden. Teknik penghimpun data memanfaatkan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel X1 X2 dan Y beruntun adalah 0.786 0.878 dan 0.968. Hasil analisis menggunakan teknik regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Pedoman taraf signifikansi ialah 5% untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan variabel X1 keteladanan dosen termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 95.20%. Variabel X2 kebermaknaan praktik pembelajaran mikro termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 92.60%. Variabel Y persepsi berkarir sebagai guru SMK termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase 90.30%. Kontribusi masing-masing variabel terhadap persepsi berkarir sebagai guru SMK untuk sumbangan relatif keteladanan dosen 51% dan sumbangan relatif kebermaknaan praktik pembelajaran mikro 49%. Sumbangan efektif keteladanan dosen 23.4% dan sumbangan efektif kebermaknaan praktik pembelajaran mikro 22.4%. Penelitian ini memiliki kesimpulan yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y X2 dengan Y serta X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260699

Actions (login required)

View Item View Item