Kajian komunitas gulma di perkebunan apel Desa Bulukerto Batu Jawa Timur pada bulan Juli 2007 / Rafitri Heni Yuwono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian komunitas gulma di perkebunan apel Desa Bulukerto Batu Jawa Timur pada bulan Juli 2007 / Rafitri Heni Yuwono

Rafitri Heni Yuwono (2009) Kajian komunitas gulma di perkebunan apel Desa Bulukerto Batu Jawa Timur pada bulan Juli 2007 / Rafitri Heni Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gulma adalah tumbuhan lain yang tumbuh pada suatu areal perkebunan yang dipelihara oleh manusia dan manusia berusaha membuangnya. Kota Batu merupakan salah satu kota penghasil apel di Jawa Timur. Penelitian tentang gulma belum secara menyeluruh dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis-jenis gulma yang ditemukan (2) keragaman jenis-jenis gulma (3) jenis-jenis gulma yang menjadi karakteristik komunitas (4) keterkaitan faktor fisiko kimia lingkungan terhadap Indeks Nilai Penting gulma di perkebunan apel Desa Bulukerto Batu Jawa Timur pada bulan Juli 2007. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif. Pengambilan data dilakukan dengan petak cuplikan ukuran 2 m x 2 m secara sistematik. Jenis-jenis gulma diidentifikasi sampai tingkat genus atau species. Indeks Nilai Penting dilakukan berdasarkan penghitungan kerapatan relatif kerimbunan relatif dan frekuensi relatif. Karakteristik komunitas gulma ditentukan dari dua spesies gulma yang memiliki Indeks Nilai Penting terbesar. Keterkaitan faktor fisiko lingkungan terhadap Indeks Nilai Penting tertinggi di analisis Regresi Stepwise-Backward. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis gulma ditemukan sebanyak 50 species dari 21 familia. Keragaman jenis gulma yang memiliki nilai Indeks Nilai Penting terbesar adalah Ageratum conyzoides L. sebesar 46 76 dan Bidens pilosa L. sebesar 45 17 sedangkan yang memiliki nilai Indeks Nilai Penting terkecil adalah Phyllanthus urinaria L. Raphanus sativus L. Eragrostis ambilis O.K. Sorghastrum nutans Euphorbia sp. 1 Euphorbia heterophyla L. dan Euphorbia geniculata Ortega. yang masing-masing memiliki nilai yang sama yaitu sebesar 0 12. Karakteristik komunitas gulma adalah vegetasi Asteraceae. Keterkaitan faktor fisiko kimia lingkungan terhadap Indeks Nilai Penting gulma secara bersama-sama menunjukkan hasil yang signifikan pH tanah kelembaban tanah dan intensitas cahaya sebagai faktor kunci penentu terhadap tinggi rendah Indeks Nilai Penting gulma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item