Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dengan asesmen solo taxonomy dan higher order thinking (HOT) siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dengan asesmen solo taxonomy dan higher order thinking (HOT) siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok

Varicha Ulva (2009) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dengan asesmen solo taxonomy dan higher order thinking (HOT) siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru-guru Biologi SMPK Frateran Celaket 21 Malang mengakui bahwa pembelajaran yang bersifat teacher-centered dan diskusi informasi belum memberikan hasil maksimal. Dikatakan bahwa kelasVII C merupakan kelas yang seringkali hasil belajarnya paling rendah dibanding kelas VII yang lain di sekolah tersebut. Hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang dalam menjawab 3 soal tentang Pelestarian Lingkungan memang masih rendah dan memperlihatkan kemampuan berpikirnya berada pada tahap berpikir prestructural sebanyak 6 25% unistructural sebanyak 59 38% multistructural sebanyak 25% dan relational sebanyak 9 38%. Berdasarkan dari fenomena tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam pembelajaran biologi Ekosistem dalam meningkatkan tingkat berpikir siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang dan (2) untuk mengetahui penerapan SOLO Taxonomy dan HOT dalam mengidentifikasi tingkat berpikir siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang pada pokok bahasan Ekosistem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian dimulai dengan melakukan observasi awal. Setelah dilakukan refleksi pada observasi awal disusun rencana tindakan yang disusul dengan pelaksanaan rencana tindakan observasi dan refleksi. Demikian gambaran tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan sampai dengan siklus kedua. Observasi kemampuan berpikir siswa dilakukan melalui tes tulis laporan kegiatan kelompok dan hasil diskusi presentasi. Analisis kemampuan berpikir siswa menggunakan asesmen SOLO Taxonomy dan HOT. Hasil analisis tes tulis dengan menggunakan SOLO Taxonomy sebelum tindakan PBM memperlihatkan bahwa kemampuan berpikir siswa sebagian besar berada pada tahap unistructural sebesar 59% selain itu muncul tahap berpikir multistructural sebesar 25% dan relational sebesar 9 38%. Sedangkan setelah diberi tindakan PBM kemampuan berpikir siswa sebagian besar berada pada tahap berpikir multistructural 54 38% selain itu muncul tahap berpikir relational sebesar 31 25% dan extended abstract sebesar 8 75%. Pada analisis tes tulis dengan menggunakan HOT sebelum diberi tindakan PBM menunjukkan bahwa siswa belum menunjukkan munculnya kriteria berpikir tingkat tinggi sedangkan setelah diberi tindakan PBM siswa telah menunjukkan munculnya kriteria berpikir tingkat tinggi atau extended abstract sebesar 8 75%. Peningkatan kemampuan berpikir siswa terjadi karena adanya peranan masing-masing tahap pada sintaks PBM dalam pembentukan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas diketahui bahwa PBM dalam pembelajaran biologi Ekosistem dapat meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang dan disarankan bahwa dalam proses belajar siswa sebaiknya digunakan alat evaluasi SOLO Taxonomy dan HOT sehingga dapat diketahui kualitas perkembangan kognitif siswa dengan cara memberi skor dan menilai tingkat berpikir serta macam kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item