Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV UPT SD Negeri 231 Gresik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV UPT SD Negeri 231 Gresik

Septafi, Gesita (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV UPT SD Negeri 231 Gresik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perangkat pembelajaran tematik berbasis model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning)merupakan sebuah perangkat yang mengaitkan pendekatan antar bidang studi dengan menggunakan sintaks model collaborative learning yang digunakan untuk mengajar dan belajar bekerjasama dengan anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas, memecahkan suatu permasalahan atau membuat sebuah produk. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik berbasis model collaborative learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelas IV UPT SD Negeri 231 Gresik yang teruji tingkat validitasnya serta kelayakannya. Pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tiga tahapan, yakni (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan. Hasil uji tingkat kevalidan dari perangkat pembelajaran meliputi silabus diperoleh hasil presentase sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen penilaian diperoleh hasil presentase sebesar 93,25% dengan kategori sangat valid, bahan ajar diperoleh hasil presentase sebesar 88,63% dengan kategori sangat valid, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh hasil presentase sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid. E-book perangkat pembelajaran diperoleh hasil presentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. E-book bahan ajar diperoleh hasil presentase sebesar 94,19% dengan kategori sangat valid. Lembar angket respon peserta didik diperoleh hasil presentase sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Hasil uji cobaperorangan diperoleh hasil presentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase sebesar 92,8% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Sehingga secara umum penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran memberikan kesimpulan perangkat pembelajaran layak untuk diimplementasikan. Kelebihan prototype perangkat pembelajaran tematik berbasis model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) adalah mudah dalam penyimpanan arsip karena di kemas dengan menggunakan e-book. Selain itu, bahan ajar e-book ini dapat menyajikan buku teks yang menarik dengan menampilkan video pembelajaran, instrumen lagu, quis interaktif untuk membantu mengambangkan kemampuan pemecahan peserta didik. Saran pemanfaatan perangkat pembelajaran guru harus mengelola waktu dengan baik, menjelaskan detail langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan memberikan contoh analisis pemecahan masalah, interpretasi melalui peristiwa yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sebaiknya dilaksanakan secara tatap muka (luring), agar meminimalisir adanya kendala dan dapat mengoptimalkan pemahaman peserta didik mengenai materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:35
Last Modified: 14 Nov 2022 08:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item