Video pembelajaran berbasis self-directed learning berbantuan aplikasi tiktok pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat belajar bagi Siswa SMK Kelas XI TKJ / Wisnu Aji Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Video pembelajaran berbasis self-directed learning berbantuan aplikasi tiktok pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat belajar bagi Siswa SMK Kelas XI TKJ / Wisnu Aji Kurniawan

Kurniawan, Wisnu Aji (2021) Video pembelajaran berbasis self-directed learning berbantuan aplikasi tiktok pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat belajar bagi Siswa SMK Kelas XI TKJ / Wisnu Aji Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di Indonesia di era ini terdapat kendala dengan adanya pandemi COVID-19 yang berdampak pada proses pembelajaran. Indonesia memerlukan media pembelajaran yang efektif dan menaraik minat siswa dengan menerapkan Self-Directed Learning yang memungkinkan siswa dapat mengambil inisiatif sendiri dalam mendiagnosis kebutuhan belajarnya. Media yang digunakan untuk menerapkan Self-Directed Learning berbantuan aplikasi Tiktok. Media sosial ini dapat membuat peserta didik merasa senang karena video-video yang mereka lihat dikemas dengan kreatifitas yang mudah dipahami. Media yang dikembangkan untuk menerapkan Self-Directed Learning adalah berupa video pembelajaran. Video pembelajaran merupakan video pembelajaran adalah separangkat komponen atau media yang mampu menampilkan sekaligus suara dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan video pembelajaran berbasis self-directed learning berbantuan aplikasi tiktok pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat belajar bagi siswa kelas XI TKJ. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui algoritma penggunaan tiktok mengembangkan video pembelajaran menguji kelayakan dan mengetahui tingkat minat belajar siswa pada matapelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Media pembelajaran ini menghasilkan video pembelajaran berbasis self-directed learning berbantuan aplikasi tiktok. Hasil validasi dari para ahli diperoleh data akhir dari ahli media sebesar 81 59% dan dari ahli materi 85 80%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 95 95% dan uji coba pengguna kelompok besar mendapatkan persentase sebasar 94 49%. Hasil tingkat minat belajar siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan diketagorikan tinggi dengan persentase 43 24% dan rata-rata persentase kelayakan tertinggi pada aspek keterlibatan siswa dengan 95 78%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan video pembelajaran yang dikembangkan dapat menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengan katagori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260590

Actions (login required)

View Item View Item