Perbedaan model pembelajaran practice reharsal pair dengan model pembelajaran pair check terhadap kreatifitas dan hasil belajar siswa SMK PGRI 1 Jombang. / Fajar Prasanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran practice reharsal pair dengan model pembelajaran pair check terhadap kreatifitas dan hasil belajar siswa SMK PGRI 1 Jombang. / Fajar Prasanta

Prasanta, Fajar Prasanta (2021) Perbedaan model pembelajaran practice reharsal pair dengan model pembelajaran pair check terhadap kreatifitas dan hasil belajar siswa SMK PGRI 1 Jombang. / Fajar Prasanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasanta Fajar. 2020. Perbedaan Model Pembelajaran Practice Reharsal Pair Dengan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa Smk Pgri 1 Jombang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T Kata Kunci Kreativitas Hasil belajar Practice Rehearsal Pair Pair check Desain Grafis. Keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajara. Namun pemilihan model pembelajaran harus sesuai dengan mata pelajarannya tidak semua model pembelajaran cocok digunakan. Dengan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Sebagai contoh model pembelajaran ceramah dirasa kurang cocok untuk mata pelajaran desain grafis. Karena matapelajaran desain gafis memerlukan proses kreativitas. Jika guru hanya ceramah siswa akan cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kreativitas siswa hasil belajar dalam ranah pengetahuan dan ranah keterampilan pada mata pelajaran Desain Grafis dengan model pembelajaran practice rehearsal pair dibandingkan dengan model Pair Check pada siswa Multimedia kelas X di SMK PGRI 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variable yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variable bebas yang berupa model pembelajaran Practice Rehearsal Pair dan model Pair Check serta variable terikat yang berupa Kreativitas dan Hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas MM 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas MM 2 sebagai kelas eksperimen 2 di SMK PGRI 1 Jombang. Rata-rata nilai kreativitas siswa setelah diberikan perlakuan yaitu kelas X MM1 1 memperoleh nilai rata-rata 71 8 dan kelas X MM 2 memperoleh nilai sebesar 80 8. Untuk nilai rata-rata ranah pengetahuan setelah diberikan perlakuan yaitu kelas X MM 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 54 dan kelas MM 2 memperoleh nilai 88 23. Serta nilai ranah keterampilan kelas X MM 1 memperoleh nilai rata-rata 80 dan kelas X MM 2 memperoleh nilai 87 50. Hasil Uji-t yang dilakukan menunjukan bahwa kreativitas dengan lembar observasi memperoleh nilai 0 005 hasil belajar pada ranah pengetahuan memperoleh nilai 0 00 yang berarti terdapat perbedaan dan pada ranah keterampilan memperoleh nilai 0 00 yang berarti terdapat perbedaan. Dengan hasil yang dijelaskan di atas maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata dari kreativitas dan hasil belajar kelas eksperimen 2 yaitu kelas MM 2 lebih unggu dari kelas eksperimen 1 kelas MM 1 dan terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260577

Actions (login required)

View Item View Item