Perbandingan model problem based learning individual terbimbing dengan model problem based learning tutorial terhadap keaktifan dan pemahaman konsep siswa SMKN 11 Malang / Muh. Yoga Fahmi Fahruri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model problem based learning individual terbimbing dengan model problem based learning tutorial terhadap keaktifan dan pemahaman konsep siswa SMKN 11 Malang / Muh. Yoga Fahmi Fahruri

Fahruri, Muh. Yoga Fahmi (2021) Perbandingan model problem based learning individual terbimbing dengan model problem based learning tutorial terhadap keaktifan dan pemahaman konsep siswa SMKN 11 Malang / Muh. Yoga Fahmi Fahruri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 11 Malang. Dari hasil observasi yang dilakukan siswa lebih cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran seperti halnya masih terdapat siswa yang berbicara dengan teman sendiri dan tidak fokus selama pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan eksperimen dengan model quasi experimental. Desain yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design yaitu pemberian perlakuan pada dua kelompok dan melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pembelajaran. Variabel yang diukur yaitu keaktifan dan pemahaman konsep komputer dan jaringan dasar. Populasi sampel yang digunakan yaitu kelas X TKJ 1 dan X TKJ 4 dengan jumlah siswa 70. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deksriptif yang berfungsi menghitung distribusi frekuensi nilai. Setelah melakukan analisis terhadap hasil pengujian dan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil kesimpulan yakni (1) keaktifan belajar siswa kelas eksperimen A memperoleh nilai rata-rata 83 11 (2) pemahaman konsep pengetahuan siswa kelas eksperimen A memperoleh nilai rata-rata 81 41 (3) keaktifan belajar siswa kelas eksperimen B memperoleh nilai rata-rata 86 42 (4) pemahaman konsep pengetahuan siswa kelas eksperimen B memperoleh nilai rata-rata 83 88 dan (5) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep pengetahuan siswa mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan penerapan model Problem Based Learning dipadu metode individual terbimbing dan model Problem Based Learning dipadu metode tutorial dengan hasil 0 022 kurang dari taraf signifikansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260576

Actions (login required)

View Item View Item