Pengembangan e-modul untuk memberikan pemahaman konsep pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x SMK / Ancha Aftianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul untuk memberikan pemahaman konsep pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x SMK / Ancha Aftianto

Aftianto, Ancha (2021) Pengembangan e-modul untuk memberikan pemahaman konsep pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x SMK / Ancha Aftianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ancha Aftianto. 2020. Pengembangan E-Modul Untuk Memberikan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci E-Modul Memberikan Pemahaman Konsep Simulasi dan Komunikasi Digital Berdasarkan observasi serta wawancara dengan guru pengajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 3 Malang diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan masih terbatas. Pembelajaran dilakukan hanya dengan powerpoint sehingga membuat minat belajar siswa berkurang dan cenderung bosan karena bahan ajar yang digunakan hanya satu macam. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan siswa dengan mudah serta dapat digunakan secara mandiri baik secara online/offline. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Langkah ndash langkah yang digunakan dalam model pengembangan ADDIE adalah (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 di SMKN 3 Malang. Hasil dari pengembangan ini merupakan bahan ajar digital yang dapat diakses siswa dari perangkat mobile baik secara online/offline sehingga akan memudahkan siswa dalam mengakses bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan telah melalui uji coba kelayakan. Analisis data yang dilakukan didapat presntase hasil ahkir dari hasil validasi ahli media sebesar 98% validasi ahli materi sebesar 90% hasil uji coba kelompok kecil 84% dan hasil uji coba kelompok besar 88%. Berdasarkan data tersebut dari uji kelayakan dan uji coba bahan ajar dapat disimpulkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 06:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260575

Actions (login required)

View Item View Item