Penerapan model blended learning dibandingkan model flipped classroom pada mata pelajaran pemrograman dasar terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas x tkj SMK PGRI Wlingi/ Ari Gustiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model blended learning dibandingkan model flipped classroom pada mata pelajaran pemrograman dasar terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas x tkj SMK PGRI Wlingi/ Ari Gustiawan

Gustiawan, Ari (2021) Penerapan model blended learning dibandingkan model flipped classroom pada mata pelajaran pemrograman dasar terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas x tkj SMK PGRI Wlingi/ Ari Gustiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era saat ini menuntut perkembangan sumber daya manusia untuk mampu mengikuti persaingan yang semakin sengit dan kompetitif tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi model pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru SMK PGRI Wlingi pada penggunaan model yang kurang tepat sehingga mengakibatkan permasalahan tersebut berdampak pada kreativitas siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar yang meliputi kurangnya kemauan untuk mengaktualisasikan gagasan kemalasan dan malu dalam menyampaikan argumentasi mengakibatkan kreativitas menurun. Disisi lain hasil belajar siswa menjadi 48% di bawah KKM. Penelitian ini meneliti bagaimana hasil belajar dan kreativitas setelah diterapkannya sebuah model Blended Learning dan mode Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kreativitas dan hasil belajar yang diajar model Blended Learning dan Flipped Classroom. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dan menggunakan purposive sampling dalam pemilihan sampelnya. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKJ 3 berjumlah 31 siswa dan kelas X TKJ 4 berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan meliputi silabus RPP media ajar dan bahan ajar. Sedangkan instrumen pengukuran meliputi pretest posttest lembar observasi dan angket. Hasil yang didapatkan pada nilai N-Gain kreativitas siswa X TKJ 3 memperoleh sebesar 56 28% mendapatkan kategori sedang dengan tafsiran cukup efektif. Sedangakan siswa X TKJ 4 memeperoleh sebesar 40 64% mendapatkan kategori sedang dengan tafsiran kurang efektif. Pada hasil belajar siswa kelas X TKJ 3 memperoleh nilai N-Gain sebesar 56 03 dan untuk X TKJ 4 mendapatkan sebesar 42 56%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui ada sebuah perbedaan kreativitas dan hasil belajar setelah diberikan perlakuan model pembelajaran. Hasil data dari hipotesis tentang kreativitas didapatkan sig 0 000 dan pada hasil belajar didapatkan sig 0 009 sehingga data kreativitas dan hasil belajar siswa menunjukkan adanya signifikansi perbedaan kreativitas dan hasil belajar setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Blended Learning dan Flipped classroom siswa kelas X TKJ di SMK PGRI WLINGI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260572

Actions (login required)

View Item View Item