Pengembangan modul pada matakuliah game development menggunakan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di program merdeka belajar kampus Merdeka Universitas Negeri Malang / Imanda Rahmatdwito Cahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pada matakuliah game development menggunakan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di program merdeka belajar kampus Merdeka Universitas Negeri Malang / Imanda Rahmatdwito Cahyudi

Cahyudi, Imanda Rahmatdwito (2021) Pengembangan modul pada matakuliah game development menggunakan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di program merdeka belajar kampus Merdeka Universitas Negeri Malang / Imanda Rahmatdwito Cahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan wawancara serta pengamatan langsung pada proses pembelajaran Game Development di Program Merdeka Belajar ndash Kampus Merdeka Universitas Negeri Malang telah ditemukan permasalahan terkait kurangnya semangat dan minat belajar mahasiswa sehingga menyebabkan kurangnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Game Development Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal ini disebabkan karena tidak terstruktur dan tidak relevannya materi yang disampaikan oleh dosen dan asisten dosen bahkan ditemukan kesalahan penyampaian materi tentang Game Development. Permasalahan tersebut juga dipicu karena belum adanya modul praktikum baku yang dapat digunakan sebagai acuan proses pembelajaran sehingga mahasiswa hanya bergantung kepada dosen dan asisten dosen sebagai acuan proses pembelajaran dan tidak belajar secara mandiri setelah proses belajar di kelas usai. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul praktikum Game Development yang menggunakan model project-based learning yang terdiri dari teori dan praktik yang mendukung proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta memudahkan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Pengembangan modul menerapkan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa 91 55% modul sangat valid dan dari hasil validasi ahli media bahwa 91 1% modul sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pada proses uji coba dilakukan kepada kelompok kecil dan kelompok besar dengan memberikan 45 soal pilihan ganda. Mahasiswa diberikan test untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mana test tersebut berupa Pre-Test (sebelum menggunakan modul) dan Post-Test (setelah menggunakan modul). Dan setelah diberikan test pada kedua kelompok maka didapatkan hasil bahwa pada kelompok kecil nilai rata-rata sebelum menggunakan modul adalah 62 1 dan setelah menggunakan modul mendapatkan rata-rata 84 3. Lalu uji coba terhadap kelompok besar nilai rata-rata sebelum menggunakan modul adalah 61 7 dan setelah menggunakan modul mendapatkan rata-rata 81 8. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mendapat nilai di atas rata-rata setelah menggunakan modul praktikum Game Development. Dan berdasarkan hasil yang didapat melalui serangkaian uji tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum Game Development sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260571

Actions (login required)

View Item View Item