Ulfirisa, Farhany Zaki (2022) Media pembelajaran interaktif berbasis android bermuatan problem based learning (pbl) mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan minat belajar siswa jurusan teknik komputer dan jaringan di smk / Farhany Zaki Ulfirisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komputer dan Jaringan Dasar (KJD) merupakan mata pelajaran dasar program keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK dalam kategori C2 pada struktur K13 revisi 2018. Media pembelajaran adalah alat bantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa hingga tercapainya tujuan pembelajaran. Di kondisi pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring maupun luring. Dalam menyampaikan materi guru menggunakan metode ceramah/demonstrasi dengan materi berekstensi .doc .pdf dan .ppt. Media mengandalkan google classroom buku cetak lembar kerja siswa (LKS) dan materi fotocopy. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di lakukan di SMKN 1 Rejotangan SMKN 1 Kepanjen dan SMKN 7 Malang dapat disimpulkan bahwa (1) media pembelajaran memanfaatkan platform online seperti google classroom dan youtube (2) kurangnya ketertarikan belajar siswa dengan materi yang disampaikan secara monoton/tidak bervariasi (3) kemampuan dan kecepatan pemahaman siswa berbeda-beda (4) sebagian besar siswa lebih suka media yang diakses melalui smartphone (5) sebagian besar siswa memiliki smartphone dengan sistem operasi Android (6) siswa memerlukan media yang menarik. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android mengetahui kelayakan media dan mengetahui tingkat minat belajar siswa setelah menggunakan media yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang dimodifikasi. Tahapan metode ini diantaranya (1) identifikasi potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain media (4) validasi desain media (5) revisi desain (6) uji coba awal (7) revisi media (8) uji coba pemakaian (9) revisi akhir media (10) implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu kelompok kecil (uji awal) dan kelompok besar (uji pemakaian). Media telah dilakukan uji coba kepada siswa SMKN 1 Rejotangan yang sedang/telah menempuh mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Uji coba awal dengan responden 11 siswa sedangkan uji coba pemakaian dengan responden 27 siswa. Penelitian ini menghasilkan jenis data kualitatif dan kuantitatif dari pengumpulan serta pengolahan instrument angket. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Android bermuatan problem based learning (PBL) mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan minat belajar siswa jurusan TKJ di SMK. Media ini mendapatkan hasil validasi ahli materi sebesar 94 32% dengan predikat ldquo Sangat Baik rdquo ahli media sebesar 88 09% dengan predikat ldquo Sangat Baik rdquo kelompok kecil sebesar 84 22% dengan predikat ldquo Baik rdquo kelompok besar sebesar 83 24% dengan predikat ldquo Baik rdquo dan minat belajar sebesar 87 76% dengan predikat ldquo Sangat Tinggi rdquo . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat baik/sangat layak digunakan dan mampu meningkatkan minat belajar siswa SMK jurusan TKJ pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/260564 |
Actions (login required)
View Item |