Perbedaan kemampuan problem solving pengalamatan ip address karena pengaruh model creative problem solving dibandingkan model problem based learning berbantuan video tutorial pada siswa kelas x tkj di SMKN 2 Turen / Risky Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan problem solving pengalamatan ip address karena pengaruh model creative problem solving dibandingkan model problem based learning berbantuan video tutorial pada siswa kelas x tkj di SMKN 2 Turen / Risky Febrianto

Febrianto, Risky (2021) Perbedaan kemampuan problem solving pengalamatan ip address karena pengaruh model creative problem solving dibandingkan model problem based learning berbantuan video tutorial pada siswa kelas x tkj di SMKN 2 Turen / Risky Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febrianto Risky. 2021. Perbedaan Kemampuan Problem Solving Pengalamatan IP Address karena Pengaruh Model Creative Problem Solving dibandingkan Model Problem Based Learning berbantuan Video Tutorial pada Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Turen. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Kata Kunci Kemampuan Problem Solving CPS PBL Video Tutorial. Penerapan model Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) berbantuan video tutorial digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Model tersebut digunakan untuk mengevaluasi kemampuan problem solving pada materi pengalamatan IP address. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving karena pengaruh model CPS berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address (2) untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving karena pengaruh PBL berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address dan (3) untuk mengungkapkan signifikansi perbedaan kemampuan problem solving karena pengaruh model CPS dibandingkan PBL berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan desain pretest-posttest control group. Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen A menggunakan model CPS berbantuan video tutorial dan kelas eksperimen B menggunakan model PBL berbantuan video tutorial. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2. Instumen penelitian ini terdapat dua instrumen yang pertama instrumen perlakuan berupa silabus rpp jobsheet materi pembelajaran dan video tutorial. Instrumen yang kedua yaitu instrumen pengukuran menggunakan soal pretest/posttest lembar obeservasi dan lembar keterlaksanaan. Pengujian reliabilitas menunjukan nilai Alpha Cronbach sebesar 0 806. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan problem solving karena pengaruh model CPS berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address memiliki rata-rata sebesar 75 9 (2) kemampuan problem solving karena pengaruh model PBL berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address memiliki rata-rata sebesar 71 5 dan (3) nilai signifikansi yang diperoleh kemampuan problem solving adalah sebesar 0 021. Nilai signifikansi tersebut diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan problem solving karena pengaruh CPS dan PBL berbantuan video tutorial pada pembelajaran pengalamatan IP address. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran yang menggunakan model CPS berbantuan video tutorial lebih unggul dan lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving pengalamatan IP address daripada model PBL berbantuan video tutorial. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model CPS berbantuan video tutorial dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pengalamatan IP address untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260552

Actions (login required)

View Item View Item