Hubungan adversity intelligence dan kemampuan vokasi dengan kemampuan pembelajaran calon Guru SMK Abad 21 pada Mahasiswa S1 Kependidikan Jurusan TE FT UM - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan adversity intelligence dan kemampuan vokasi dengan kemampuan pembelajaran calon Guru SMK Abad 21 pada Mahasiswa S1 Kependidikan Jurusan TE FT UM

Anwar, Alifia Ramadhania (2022) Hubungan adversity intelligence dan kemampuan vokasi dengan kemampuan pembelajaran calon Guru SMK Abad 21 pada Mahasiswa S1 Kependidikan Jurusan TE FT UM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa S1 PTI dan S1 PTE sebagai calon guru SMK harus memiliki kemampuan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman khususnya pada abad 21 saat ini. Perkembangan pendidikan pada abad 21 yang penuh dengan tantangan memerlukan calon guru yang memiliki kecerdasan dalam menghadapi tantangan atau adversity intelligence. Selain itu calon guru SMK juga harus memiliki kemampuan vokasi yang sesuai bidangnya agar menjadi tenaga pendidik yang berkompeten untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran sebagai calon guru SMK abad 21. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tingkat Adversity Intelligence (AI) Kemampuan Vokasi (KV) Kemampuan Pembelajaran Calon Guru SMK Abad 21 (KPCG-21) (2) Mengungkap adanya hubungan secara parsial antara (AI) dengan (KPCG-21) dan (KV) dengan (KPCG-21) (6) Mengungkap adanya hubungan secara simultan antara (AI) dan (KV) dengan (KPCG-21). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Kependidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sejumlah 54 mahasiswa dari S1 PTI 2018 dan 52 mahasiswa dari S1 PTE 2018 dengan syarat telah mengikuti Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Semester Ganjil 2021/2022. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang sudah di uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasional parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian mengungkap bahwa tingkat KPCG-21 berkategori tinggi dengan persentase 53 77% tingkat AI berkategori tinggi dengan persentase 64 15% dan tingkat KV berkategori tinggi dengan persentase 50%. Hubungan secara parsial antara AI dengan KPCG-21 nilai sig. (0.001 lt 0.05) dan antara KV dengan KPCG-21 nilai sig. (0.000 lt 0.05). Hubungan secara simultan antara AI dan KV dengan KPCG-21 nilai sig. F (0.000 lt 0.05) dengan nilai R sebesar 0 819. Kontribusi AI dan KV terhadap KPCG-21 untuk sumbangan efektif AI sebesar 9 16% KV sebesar 57 94% dan sumbangan relatif AI sebesar 13 65% KV sebesar 86 35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat AI dan KV dalam kategori tinggi dan KPCG-21 tinggi (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara AI dengan KPCG-21 dan KV dengan KPCG-21 dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara AI dan KV dengan KPCG-21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260540

Actions (login required)

View Item View Item