Penerapan metode inkuiri dalam PBL untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMAN 1 Bangil Pasuruan / Inda Roifatul Ma'rifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri dalam PBL untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMAN 1 Bangil Pasuruan / Inda Roifatul Ma'rifah

Inda Roifatul Ma'rifah (2009) Penerapan metode inkuiri dalam PBL untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMAN 1 Bangil Pasuruan / Inda Roifatul Ma'rifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMA Negeri I Bangil Pasuruan bahwa pembelajaran yang digunakan guru biologi sebagian besar hanya ceramah dan tanya jawab. Siswa cenderung bersikap pasif terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas sehingga aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran alternatif yang lebih melibatkan siswa. Salahsatu pendekatan pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah. Dengan pembelajaran berbasis masalah akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mampu mengembangkan keterampilan memecahkan serta memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Selain itu siswa juga terlatih untuk melaksanakan keterampilan proses sehingga siswa akan terbiasa untuk membuat hipotesis merencanakan eksperimen menginterpretasikan data menyusun kesimpulan dan berani mengkomunikasikan di depan orang. Pembelajaran berbasis masalah juga meningkatkan kreativitas siswa dalam menuangkan ide-ide ke dalam hasil karya dan meningkatkan interaksi sosial siswa yang ditunjukkan dengan kerjasama antar anggota kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X melalui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan tahun ajaran 2005/2006. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi angket dan soal tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dalam PBL dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa diketahui dari persentase peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dengan siklus II adalah sebesar 13 79%. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 77 14%. Sedangkan pada siklus II sebesar 89 74%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item