Pengembangan bahan ajar berbasis virtual 3d dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kelas x TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Ismed Eko Hadi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis virtual 3d dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kelas x TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Ismed Eko Hadi Saputra

Saputra, Ismed Eko Hadi (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis virtual 3d dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kelas x TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Ismed Eko Hadi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung pada saat pandemi (covid-19) di SMK Cendika Bangsa Kepanjen memberikan pengaruh besar. Dari yang sebelumnya dalam proses pembelajaran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen masih menggunakan metode ceramah guru menyampaikan materi/ teori kepada siswa dengan menggunakan bahan ajar berupa bahan ajar cetak seperti buku dan modul buku dan modul hanya mampu menampilkan teks dan gambar. Dan pada saat pandemi dituntut untuk melakukan pelaksanaan pembelajaran dari rumah (online) sehingga terdapat perombakan atau pembaruan dari proses pembelajaran yang digunakan oleh guru. Proses pembelajaran pada siswa di SMK Cendika Bangsa Kepanjen lebih mengutamakan praktek dari pada teori. Hal tersebut dikarenakan siswa di SMK Cendika Bangsa Kepanjen tidak terlalu suka dengan penjelasan materi yang sangat panjang namun siswa lebih cenderung suka melakukan praktik secara langsung. Jika dilihat dari segi sarana dan prasarana di SMK Cendika Bangsa Kepanjen sudah cukup memadai. Sehingga hal tersebut mempengaruhi dalam pemilihan bahan ajar. Bahan ajar yang dipilih mampu meminimalisir permasalahan sarana prasarana yang kurang memadai dalam kegiatan belajar. Bahan ajar tersebut dituntut untuk mampu memproyeksikan komponen materi secara detail dan nyata dengan menampilkan virtual 3d sehingga siswa mudah dalam memahami materi. Pada penelitian ini terdapat dua tahapan yakni mengukur kelayaklan bahan ajar serta mengukur peningkatan motivasi dan hasil belajar menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian ahli materi yaitu dosen jurusan Teknik Elektro Bapak Khoirudin Asfani S.Pd. M.Pd dan guru mata pelajaran Komputer dan Jaringan yaitu Bapak Else Prasetyo S.Kom. Ahli media yaitu dosen jurusan Teknik Elektro Bapak Muhammad Iqbal Akbar S.ST. M.MT dan guru mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar yaitu Bapak Else Prasetyo S.Kom. Pengguna yang merupakan siswa kelas X TKJ SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan du acara yaitu wawancara dan angket kuisioner. Hasil analisis kelayakan ahli materi mendapatkan 86 3% dengan kategori valid sedangkan analisis kelayakan ahli media mendapatkan nilai 83 8% dengan kategori valid hasil analisis responden terbagi menjadi kelompok kecil yang mendapatkan nilai 95 5% dan kelompok besar mendapatkan nilai 98%. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulana bahwa bahan ajar berbasis virtual 3D valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan juga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil observasi peningkatan motivasi belajar menggunakan angket sebelum dan sesudah menyatakan bahwa semua faktor yang mempengaruhi motivasi belajar meningkat. Motivasi belajar siswa meningkat sebanyak 12% dari angket motivasi sebelum 75% dan angket motivasi sesudah 87%. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 28% dari pretes 51% dan postes sebanyak 79%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Produk media telah dirancang sesuai kebutuhan sehingga dihasilkan produk bahan ajar berbasis virtual 3D untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen.(2)Produk media telah dikembangkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sehingga dihasilkan produk bahan ajar berbasis virtual 3D untuk kelas X di SMK Cendika Bangsa Kepanjen.(3) Produk bahan ajar berbasis virtual 3D yang telah dihasilkan kemudian diuji cobakan. Tahapan uji coba yang dilakukan adalah (a) validasi oleh ahli materi (b) validasi oleh ahli media (c) uji coba kelompok kecil (d) uji coba lapangan. Dari uji coba yang telah dilakukan produk bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.(4) Produk bahan ajar berbasis virtual 3D telah dianalisis peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar dalam penggunaan bahan ajar berbasis virtual 3D bagi siswa kelas X TKJ SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Dari hasil analisis yang telah dilakukan produk bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260539

Actions (login required)

View Item View Item