Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis life based learning pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Akhmad Pramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis life based learning pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Akhmad Pramadani

Pramadani, Akhmad (2021) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis life based learning pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa s1 pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Akhmad Pramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi Data dan Jaringan komputer merupakan salah satu mata kuliah keilmuan dan ketrampilan yang disajikan pada kurikulum program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut perlu menyediakan multimedia pembelajaran secara online dan mandiri dengan materi menyesuaikan kehidupan nyata saat ini yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Media pembelajaran yang digunakan selama perkuliahan tatap muka adalah materi dalam bentuk teks dan gambar yang bisa dipahami mahasiswa saat proses pembelajaran berlangsung dengan diberikan penjelasan oleh dosen. Namun pada saat media pembelajaran digunakan secara online atau mahasiswa belajar secara mandiri diluar perkuliahan mengalami kesulitan dalam pemahaman materi secara utuh. Oleh sebab itu diperlukan sebuah multimedia pembelajaran yang mampu menjelaskan dan menggambarkan materi secara detail tidak hanya melalui gambar dan teks saja namun juga bentuk video dan animasi. Model pengembangan multimedia pembelajaran ini mengadaptasi model pengembangan Sadiman yang terdiri dari tahapan berikut ini (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/Uji coba (7) Revisi (8) Naskah siap produksi. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tehadap subjek uji coba diperoleh tingkat kelayakan sebagai berikut ahli materi 90 00% ahli media 86 00% uji coba satu lawan satu 85 80% kelompok kecil 87 12% kelompok besar 87 32% dan untuk kemandirian belajar mahasiswa 78 30%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260527

Actions (login required)

View Item View Item