Penerapan portofolio untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Wiji Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan portofolio untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Wiji Utami

Wiji Utami (2009) Penerapan portofolio untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Wiji Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia pendidikan kelas IPA masih didominasi oleh suatu penilaian yang disebut tes tertulis yang umumnya hanya mengungkapkan kemampuan kognitif siswa terhadap informasi faktual atau keterampilan proses dasar sedangkan penilaian lainnya belum terukur. Untuk mengukur kemapuan kognitif psikomotorik dan afektif diperlukan suatu bentuk penilaian yang dapat mengukur kemampuan siswa secara komprehensif yaitu penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang melalui penerapan portofolio. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa laki-laki 20 orang dan siswa perempuan 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi soal ulangan harian angket lembar pengecekan dan penilaian portofolio serta lembar observasi keterlaksanaan penerapan portofolio. Dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan portofolio dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 18 Malang. Motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II Motivasi siswa pada saat diskusi presentasi pada siklus I yaitu jumlah siswa yang bertanya menjawab ataupun yang menangapi meningkat pada siklus II. Sedangkan motivasi siswa pada saat pengamatan dan praktikum dari aspek kedisiplinan bekerjasama dan keingintahuan juga meningkat pada siklus II. Prestasi belajar biologi siswa yang berupa nilai ulangan harian siswa pada siklus I mempunyai rata-rata 84 42 pada siklus II meningkat menjadi 90 39 berarti dalam hal ini mengalami peningkatan sebesar 5 97 dan nilai portofolio pada siklus I mempunyai rata-rata 70 15 pada siklus Iimeningkat menjadi 79 43 dengan demikian nilai portofolio meningkat lebih banyak yaitu sebesar 9 28.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item