Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bahan aditif dalam makanan pada jenjang SMP/MTs kelas VIII semester I / Tutik Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bahan aditif dalam makanan pada jenjang SMP/MTs kelas VIII semester I / Tutik Afifah

Tutik Afifah (2009) Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema bahan aditif dalam makanan pada jenjang SMP/MTs kelas VIII semester I / Tutik Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kota Malang direncanakan pada tahun ajaran 2007/2008. Menurut Peraturan Menteri No 22 23 dan 24 Tahun 2006 terdapat mata pelajaran IPA yang disajikan secara terpadu dari beberapa standar kompetensi dalam aspek IPA. Berdasarkan hasil penyebaran angket kepada guru sains SMP di kota Malang dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA secara terpadu dirasakan perlu oleh sebagian besar guru Sains SMP guru Sains SMP membutuhkan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Guru sains SMP kota Malang merasa kesulitan membuat panduan pelaksanaan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkanlah panduan pelaksanaan IPA Terpadu. Panduan pelaksanaan dikembangkan dalam bentuk Paket Pembelajaran yang terdiri dari Buku Panduan Guru dan Buku Panduan Siswa. Berdasarkan hasil analisis kekuatan dan kelemahan yang ada di sekolah maka dikembangkan paket pembelajaran dengan tema bahan aditif dalam makanan. Untuk mengetahui tingkat kelayakannya maka diadakan uji coba di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang. Pengembangan paket pembelajaran berdasarkan model pengembangan sistem instruksional Dick and Carey. Uji kelayakan paket pembelajaran yang dikembangkan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakan dari ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan namun perlu direvisi. Setelah dilakukan uji kelayakan oleh ahli media dan materi selanjunya paket pembelajaran yang dikembangkan direvisi. Hasil revisi dari ahli media dan materi diujicobakan kepada kelompok kecil. Berdasarkan hasil uji coba dari kelompok kecil dapat diketahui bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan sudah dapat mencapai indikator pembelajaran namun masih perlu direvisi revisi yang dilakukan berupa alokasi waktu yang digunakan pada setiap kegiatan. Hasil uji coba pada kelompok kecil dilanjutkan pada uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba di lapangan dapat diketahui bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan kognitif psikomotorik dan afektif siswa serta dapat digunakan untuk mencapai indikator pembelajaran yang ditentukan. Berdasarkan hasil uji coba paket pembelajaran di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dapat diketahui bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan memiliki kekuatan yaitu alat dan bahan yang digunakan sebagian besar mudah didapatkan dan sederhana kegiatan yang ada pada Buku Panduan Siswa dapat membangun dan mengembangkan pengetahuan siswa secara bertahap. Kegiatan yang disajikan sesuai dengan permasalahan dan tingkat berfikir siswa. Kelemahan Paket Pembelajaran yang dikembangkan yaitu jumlah halaman pada Buku Panduan Siswa yang cukup tebal (56 lembar) sumber-sumber pada Buku Panduan Guru dicantumkan dalam bentuk daftar rujukan. Paket pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan untuk SMP lain di kota Malang yang memiliki karakteristik sekolah yang hampir sama dengan SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang. Pihak sekolah dapat mengembangkan paket pembelajaran IPA Terpadu dengan topik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item View Item