Uji kemurnian beberapa jenis tepung dalam berbagai merk yang ada di pasar se-kota Malang secara mikroskopik, sifat kelarutan dan reaksinya terhadap reagen IKI / Sari Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji kemurnian beberapa jenis tepung dalam berbagai merk yang ada di pasar se-kota Malang secara mikroskopik, sifat kelarutan dan reaksinya terhadap reagen IKI / Sari Lestari

Sari Lestari (2009) Uji kemurnian beberapa jenis tepung dalam berbagai merk yang ada di pasar se-kota Malang secara mikroskopik, sifat kelarutan dan reaksinya terhadap reagen IKI / Sari Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah terjadi perubahan yang mendasar dalam kurikulum nasional. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 23 dan 24 tahun 2006 guru dapat memilih materi pembelajaran serta mampu mengakomodasi karakteristik peserta didik memasukkan potensi lokal dan keragaman daerah. Pengembangan pengalaman belajar siswa yang beragam khususnya pada pelajaran Biologi dalam KTSP diperlukan sarana dan prasarana penunjang akademik yang nyaman pendidik dan tenaga pendidik yang kompeten kerjasama yang baik antar komite sekolah dengan lingkup luar sekolah dalam rangka pencapaian visi misi sekolah yang berkualitas. Penggunaan media yang dimiliki belum sepenuhnya mendukung pemberian pengalaman belajar bagi siswa karena bersifat text book cakupan terlalu luas dan kurang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran Biologi yang dikembangkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa SMA Negeri 2 Malang. Media pembelajaran Biologi ini dikembangkan menurut prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) menggunakan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian adalah pengembangan produk dengan instrumen berupa angket. Subjek dalam penelitian ini adalah dua dosen Biologi FMIPA UM seorang guru Biologi SMAN 2 Malang yang bertindak sebagai ahli media dan materi serta empat puluh siswa sebagai pengguna. Produk yang dihasilkan berupa prototipe CD pembelajaran interaktif dalam bentuk file exe yang dikemas dalam bentuk CD autorun. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran Biologi yang dikembangkan cukup valid dengan revisi pada beberapa hal sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Biologi di sekolah. Ahli media dan ahli materi menganalisis keseluruhan validasi media dengan persentase 91 67% dan 86 67% sedangkan pengguna menilai tingkat validasi media dengan persentase 97 71%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan aplikasi nyata di lapangan untuk mengetahui tingkat keefektivan media pembelajaran berbantuan komputer dikembangkan suatu alternatif pengembangan media interaktif yang lebih terfokus untuk menghadapi perbedaan karakteristik siswa serta diperlukan visualisasi lain yang bersifat inovatif terhadap konsep materi Biologi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26047

Actions (login required)

View Item View Item