Penapisan bakteri indigen resisten chrom (VI) di sungai yang tercemar limbah pabrik kulit / One Hadith Tama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penapisan bakteri indigen resisten chrom (VI) di sungai yang tercemar limbah pabrik kulit / One Hadith Tama

One Hadith Tama (2009) Penapisan bakteri indigen resisten chrom (VI) di sungai yang tercemar limbah pabrik kulit / One Hadith Tama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah pencemaran yang timbul di pabrik penyamakan kulit Kasin Malang salah satu diantaranya adalah pencemaran Cr (VI). Hal ini karena pada proses penyamakan di industri penyamakan kulit menggunakan K2Cr2O7 sehingga limbah cair dari pabrik ini mengandung senyawa Cr (VI). Cr (VI) bersifat mudah larut beracun dan karsinogen. Cr (VI) dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh kerusakan ginjal dan liver perubahan material genetik kanker paru-paru dan kematian. Sungai Pathek adalah sungai yang dialiri oleh limbah pembuangan pabrik penyamakan kulit Kasin Malang yang kondisi airnya berwarna kuning berbusa dan berbau busuk. Salah satu alternatif pengolahan limbah ialah dengan teknologi bioremidiasi yaitu memanfaatkan proses metabolisme dari bakteri indigen yang berpotensi mereduksi Cr (VI) pada air sungai yang dialiri pembuangan limbah pabrik penyamakan kulit sehingga dapat digunakan untuk mengurangi komponen beracun dari limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi isolat bakteri indigen dari air sungai limbah industri penyamakan kulit Kasin Malang yang resisten terhadap Cr (VI). Jenis penelitian menggunakan deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi pada bulan Juni sampai Agustus 2007. Pengambilan sampel dilakukan di Sungai Pathek Kelurahan Mergosono Malang. Sampel dihomogenasi dan dimasukkan ke dalam media Luria Bertani (LB) yang ditambah K2Cr2O7 dengan konsentrasi 1 1 5 2 ppm. Penentuan isolat dipilih berdasarkan dominasi koloni pada media dan penampakan koloni berbeda kemudian dilakukan pengamatan mikrobiologi meliputi karakterisasi sifat morfologi koloni bakteri dan karakterisasi sifat sitologi bakteri. Kelengkapan identifikasi dilakukan menggunakan MicrobactTM GNB 12A/B/E 24 E Identification Kits. Hasil penelitian menunjukkan isolasi bakteri indigen dari air sungai limbah industri penyamakan kulit Kasin Malang yang resisten terhadap Cr (VI) pada konsentrasi 1 ppm sebanyak 8 isolat pada konsentrasi 1 5 ppm sebanyak 6 isolat dan pada konsentrasi 2 ppm sebanyak 5 isolat. Mikroba diidentifikasi hanya pada konsentrasi 2 ppm yang berjumlah 5 isolat dengan kode A B C D dan E. Dari kelima isolat yang diuji hanya 3 isolat yang diidentifikasi karena isolat B sama dengan isolat A dan isolat D berupa khamir (yeast). Hasil identifikasi 3 isolat yang resisten berpotensi mereduksi Cr (VI) menjadi Cr (III) yaitu isolat A dan E adalah Pseudomonas putida sedangkan isolat C adalah Pseudomonas stutzeri. Adanya bakteri yang resisten terhadap Cr (VI) secara enzimatis disebabkan adanya membrane-bound chromate reductase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26045

Actions (login required)

View Item View Item