LC50 96 jam insektisida baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.) / Faiza Eka Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

LC50 96 jam insektisida baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.) / Faiza Eka Wahyuni

Faiza Eka Wahyuni (2009) LC50 96 jam insektisida baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.) / Faiza Eka Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) dengan mengguna- kan pestisida banyak dilakukan secara luas oleh masyarakat. Baycarb 500 EC dengan bahan aktif BPMC adalah insektisida golongan karbamat yang banyak digunakan di bidang pertanian dan berpotensi sebagai bahan pencemar perairan pada tingkat tertentu dapat mengakibatkan kematian biota perairan bukan sasaran. Untuk mengetahui efek dari insektisida pada suatu organisme perlu dilakukan uji toksisitas. Median Lethal Concentration (LC50) merupakan salah satu penentu toksisitas akut suatu bahan pencemar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai LC50 96 jam Baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.) umur 1 minggu 2 minggu dan 3 minggu dan untuk mengetahui perbedaan pengaruh Baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.) umur 1 minggu 2 minggu dan 3 minggu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental yang dilakukan di Laboratorium UPT. Balai Benih Ikan (BBI) Punten Jl. Mawar Putih no. 86 Desa Sidomulyo Kecamatan Punten Kota Batu tanggal 6 Pebruari sampai 31 Maret 2007. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 8 perlakuan masing-masing perlakuan dengan 4 kali ulangan. Untuk mendapatkan nilai LC50 data dianalisis dengan Analisis program komputer Regression Probit Analysis dengan SPSS for MS WINDOWS. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan dalam perlakuan dilakukan uji ANAVA Ganda kemudian dilanjutkan uji Beda Nyata Jujur untuk mengetahui beda antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai LC50 96 Jam ikan mas (Cyprinus carpio L.) umur 1 minggu adalah 1 0669 ppm umur 2 minggu adalah 1 5246 ppm dan 3 minggu adalah 1 9492 ppm. Ikan mas (Cyprinus carpio L.) umur 3 minggu lebih tahan dibandingkan ikan umur 2 minggu dan Ikan mas (Cyprinus carpio L.) umur 2 minggu lebih tahan daripada ikan umur 1 minggu. Pada penelitian ini jumlah kematian cenderung meningkat seiring dengan peningkatan konsentrasi bahan uji dan kematian tidak terjadi pada hewan uji kontrol. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pemerintah hendaknya meninjau kembali kebijakan tentang dosis penggunaan insektisida yang beredar mengingat pestisida sebagai salah satu sumber tidak langsung pencemaran memberi pengaruh besar terhadap organisme yang bukan sasaran. Dalam aplikasi Insektisida Baycarb 500 EC sebaiknya tidak mengunakan dosis anjuran yang tertera pada tabel kemasan karena dapat menyebabkan kematian lebih dari 50%. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh sublethal insektisida Baycarb 500 EC terhadap ikan mas (Cyprinus carpio L.).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item