Pengaruh Penggunaan Media Kombinasi Lubang Besar Dan Lubang Kecil Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan 1-20 Siswa Tunarungu Kelas 1 SDLB-B YPTB Malang. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penggunaan Media Kombinasi Lubang Besar Dan Lubang Kecil Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan 1-20 Siswa Tunarungu Kelas 1 SDLB-B YPTB Malang.

Novianti, Rohana Azmi (2021) Pengaruh Penggunaan Media Kombinasi Lubang Besar Dan Lubang Kecil Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan 1-20 Siswa Tunarungu Kelas 1 SDLB-B YPTB Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunarungu adalah anak yang memiliki gangguan pendengaran yang mengakibatkan kesulitan dalam komunikasi sehingga berdampak dalam proses pembelajaran yang bersifat abstrak. Kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunarungu dalam 1 kelas juga sangat beragam, mengetahui kondisi demikian peneliti menawarkan solusi berupa media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanan media kombinasi lubang besar dan lubang kecil. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunarungu kelas 1 SDLB-B YPTB Malang sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran media kombinasi lubang besar dan lubang kecil serta menganalisis pengaruh media kombinasi lubang besar dan lubang kecil terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunarungu kelas 1 SDLB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one grup pretest posttest, terdiri 5 siswa tunarungu kelas 1 SDLB-B YPTB Malang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis yang berjumlah 15 soal. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Data yang dianalisis adalah nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh nilai T_hitung= 0. Nilai kritis uji wilcoxon α = 0,05 dan n = 5 (jumlah sampel) dari daftar uji wilxocon diperoleh T_tabel = 1. Dari peryataan tersebut dinyatakan bahwa H_1 diterima dan H_0 ditolak sebab T_hitung<T_tabel sehingga 0 < 1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media kombinasi lubang besar dan lubang kecil memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa tunarungu kelas 1 SDLB-B YPTB Malang. Saran terkait penelitian yaitu dapat melanjutkan penelitian dengan kemampuan belajar yang berbeda, jenjang pendidikan yang berbeda serta dapat melibatkan variabel lain seperti gaya belajar, hasil belajar, efisiensi, afektif dan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:35
Last Modified: 14 Nov 2022 08:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item