E-modul pemrograman berorientasi objek berbasis digital flip book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi RPL / Febri Trisani Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul pemrograman berorientasi objek berbasis digital flip book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi RPL / Febri Trisani Suryaningsih

Suryaningsih, Febri Trisani (2021) E-modul pemrograman berorientasi objek berbasis digital flip book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi RPL / Febri Trisani Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendukung terlaksananya proses pembelajaran yang efektif tidak lepas dari penggunaan bahan ajar yang digunakan. Penggunaan bahan ajar pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri di Malang dinilai belum optimal untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Bahan ajar yang digunakan oleh sekolah hanya terdiri dari materi teori dan praktikum. Dalam hal ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek memiliki materi praktikum. Materi praktikum akan dapat dikerjakan dengan baik apabila telah memahami konsep dasar dari materi terkait. Kemendikbud secara resmi mengeluarkan bahan ajar online yaitu BSE. Namun rata-rata hanya terbatas teks dan gambar. Selain itu kurangnya pemanfaatan bahan belajar mandiri bagi siswa seperti elektronik modul (E-Modul). Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif bentuk e-modul berbasis digital flip book mengetahui kelayakannya serta efektivitasnya terhadap motivasi belajar siswa. E-Modul yang dikembangkan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning sebagai bahan ajar mandiri. Bahan ajar ini disimpan dalam format HTML sehingga dapat dioperasikan menggunakan komputer laptop maupun smartphone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono terdiri dari 10 tahapan. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMKN 12 Malang program keahlian RPL kelas XI yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Instrumen dalam mengukur kelayakan diadaptasi dari Wahono dan LORI. Instrumen mengukur motivasi belajar siswa dalam penelitian ini diadaptasi dari Keller yang terdiri dari 4 dimensi yaitu Attention Relevance Confidence Satisfaction. Teknik analisis data dalam penelitian ini untuk memproses data kuantitatif menggunakan rumus yang diadaptasi dari Akbar berupa teknik deskriptif persentase sedangkan untuk data kualitatif berupa penarikan kesimpulan dari kritik dan saran. Hasil dari uji coba yang diperoleh sebagai berikut (1) ahli media memperoleh persentase sebesar 95 27% (2) ahli materi persentase sebesar 90 29% (3) uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88 38% dan (4) tingkat persentese motivasi belajar siswa setelah menggunakan e-modul sebesar 38 85%. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh yakni e-modul mata pelajaran pemrograman berorientasi objek berbasis digital flip book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI RPL dinyatakan sangat valid atau layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260397

Actions (login required)

View Item View Item