Hubungan kemandirian dengan hasil belajar daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa SMK Negeri 6 Malang / I Putu Washa Andika - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemandirian dengan hasil belajar daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa SMK Negeri 6 Malang / I Putu Washa Andika

Andika, I Putu Washa (2022) Hubungan kemandirian dengan hasil belajar daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa SMK Negeri 6 Malang / I Putu Washa Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahun 2020 hingga tahun 2021 menjadi tahun yang sangat berat bagi Indonesia dalam berbagai aspek termasuk pendidikan di Indonesia dengan adanya paparan virus corona (SARS-coV-2) membuat Kemendikbud mengeluarkan kebijakan pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan munculnya metode pembelajaran yang baru yang disebut pembelajaran daring dan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru siswa serta orang tua. Dengan kondisi seperti ini siswa sangat didorong untuk belajar secara lebih mandiri untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan dari kemandirian dalam belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa SMK Negeri 6 malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 % dari jumlah total populasinya yaitu berjumlah 140 siswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner untuk kemandirian belajar dan pengambilan nilai UAS untuk hasil Belajar. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif serta analisis korelasi product moment yang menunjukan hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemandirian belajar pada pembelajaran daring masa pademi Covid-19 dalam mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah siswa termasuk ke dalam kategori cukup tinggi. (2) Hasil belajar pada pembelajaran daring masa pademi Covid-19 dalam mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah siswa termasuk ke dalam kategori kompeten. (3) Adanya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) dengan 0.499 gt 0 227. Hubungan positif yang menunjukan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260381

Actions (login required)

View Item View Item