Pengembangan e-modul mata kuliah workshop dan finishing kayu berbasis problem berbasis problem based learning pada program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Mohammad Calvin Adam Ferniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mata kuliah workshop dan finishing kayu berbasis problem berbasis problem based learning pada program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Mohammad Calvin Adam Ferniawan

Ferniawan, Mohammad Calvin Adam (2022) Pengembangan e-modul mata kuliah workshop dan finishing kayu berbasis problem berbasis problem based learning pada program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Mohammad Calvin Adam Ferniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ditemukan bahwa ketersediaan bahan ajar dan media pembelajaran pada mata kuliah workshop dan finishing kayu masih kurang relevan dengan kondisi perkuliahan. Jadi minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan belum terpenuhi karena kesulitan mencari sumber belajar yang sesuai capaian pembelajaran mata kuliah dasar akan dicapai. Tujuan ditulisnya penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan produk bahan ajar dalam bentuk e-modul dan diuji kevalidan e-modul pembelajaran mata kuliah workshop dan finishing kayu dengan menggunakan model problem based learning untuk program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan Reserch and Development (R amp D) dengan langkah-langkah penelitianya mengacu kepada Sugiyono yang telah dimodifikasi meliputi beberapa tahapan yaitu potensi dan masalah kemudian pengumpulan data dilanjutkan tahap desain produk dan dilakukan validasi desain serta revisi produk. Hasil produk yang dikembangkan berupa e-modul dengan menggunakan metode problem based learning. Produk e-modul pembelajaran telah divalidasi oleh ahli media dengan skor 98.8% dan divalidasi oleh ahli materi dengan skor 96.66% serta diuji coba perorangan dengan skor 88.52%. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan secara keseluruhan e-modul mendapatkan kriteria kelayakan ldquo Sangat Valid rdquo sehingga produk layak untuk digunakan dalam dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 01:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260380

Actions (login required)

View Item View Item