Studi kesiapan guru biologi SMA negeri Kota Malang dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006 / Ahmad Bashri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kesiapan guru biologi SMA negeri Kota Malang dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006 / Ahmad Bashri

Ahmad Bashri (2009) Studi kesiapan guru biologi SMA negeri Kota Malang dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006 / Ahmad Bashri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas kurikulum atau sosialisasi kurikulum sebelum kurikulum baru dijalankan. Sejak keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan telah lahir 3 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) yaitu Permendiknas Nomor 22 23 dan 24 tahun 2006 yang mengatur pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Permendiknas Nomor 22 mengatur tentang Standar Isi Permendiknas Nomor 23 mengatur Standar Kompetensi Lulusan dan Permendiknas Nomor 24 mengatur panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Implementasi atau penerapan KBK sampai tahun 2006 yang masih belum optimal sementara itu ada keharusan bagi sekolah di seluruh Indonesia yang belum menerapkan KBK ditargetkan sudah menerapkan Permendiknas Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006 secara bertahap sampai tahun ajaran 2009/2010 sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan guru yang profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesiapan guru Biologi SMA Negeri Kota Malang dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006. Asumsi penelitian ini bahwa pemahaman guru berpengaruh terhadap sikap yang dimiliki selanjutnya sikap guru menentukan perilaku atau keputusan yang diambil dalam menjalankan kurikulum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan peneliti berupa angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Biologi SMA Negeri Kota Malang. Waktu pelaksanaannya mulai tanggal 1 Januari 2007 sampai dengan tanggal 28 Pebruari 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Biologi SMA Negeri Kota Malang secara konseptual sudah sangat siap mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006 yaitu 1) sudah melaksanakan KBK 2) sudah mengikuti sosialisasi Permendiknas Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006 dan 3) memiliki pemahaman yang sangat tinggi tentang Permendiknas Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006. Namun secara prediktif guru Biologi SMA Negeri Kota Malang masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikannya yaitu 1) memahami kerangka dasar dan struktur kurikulum 2) menyesuaikan beban belajar/jumlah materi dengan jumlah jam tatap muka 3) menentukan muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri siswa 4) pembuatan kalender pendidikan implementasi standar kompetensi lulusan (SKL) ke dalam silabus dan rancangan pembelajaran 5) pelaksanaan standar kompetensi lulusan minimal disebabkan karena siswa yang heterogen dan 6) menurut guru karena belum adanya aturan pelaksanaan KTSP yang lebih jelas sehingga pelaksanaannya belum sesuai dengan aturan yang sesungguhnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan hendaknya guru Biologi SMA Negeri Kota Malang mengkaji lebih dalam dan berkonsultasi jika kesulitan memahami Permendiknas Nomor 22 23 dan 24 Tahun 2006 dan untuk lembaga yang berwenang mengadakan sosialisasi diharapkan lebih mengoptimalkan sosialisasi dengan melibatkan semua guru dan menekankan pada substansi kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item