Azizah, Maura Sheila (2022) Pengembangan e-module bebrabis flip pdf corporate pada mata kuliah workshop dan finishing kayu S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Maura Sheila Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi covid-19 membuat semua orang di tuntut untuk dapat melakukan wfh atau work from home. Teknologi informasi yang canggih dan modern sangat memiliki peran penting terhadap kondisi covid 19 saat ini. Dengan memanfaatkan sebuah media pembelajaran hal ini akan dapat memberikan rangsangan pada peserta didik. Bahan ajar memiliki dua jenis yaitu cetak dan non cetak. Perkembangan teknologi sudah berada pada berbagai aspek salah satunya adalah dengan adanya perkembangan teknologi pada E-module. Berdasarkan kondisi saat ini yang semua pembelajaran dilakukan secara daring maka proses pembelajaran yang telah dilakukan masih belum cukup baik. Mengingat juga bahwa matakuliah Workshop dan Finishing Kayu masuk dalam kategori Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) yang berarti matakuliah ini tidak hanya sekedar memberikan teori namun juga terdapat pembelajaran praktik di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-module pada matakuliah workshop dan finishing kayu berbasis Flip PDF Corporate pada prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan E-module pada matakuliah workshop dan finishing kayu berbasis Flip PDF Corporate. Output dari e-modul ini adalah file yang dapat diakses melalui gadget dan laptop. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode Research amp Development (R amp D) yaitu untuk menghasilkan produk tertentu berupa e-modul pada matakuliah Workshop dan Finishing Kayu. Metode ini dilakukan modifikasi tahapan menjadi 6 tahapan pengembangan. Hasil dari uji validasi mahasiswa mendapatkan 85 04%. Untuk ahli media tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase aspek kelayakan sebesar 95 % sehingga produk dapat digunakan tanpa adanya revisi. Pada ahli materi didapatkan prosentase skor ahli materi sebesar 77 08% dengan kriteria kevalidan cukup valid sehingga produk dapat digunakan dengan revisi. Berdasarkan hasil analisis data validasi oleh ahli media dan ahli materi didapatkan hasil 86 04 % yang dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid sebagai media pembelajaran penunjang kegiatan pembelajaran daring sehingga media yang dikembangkan dapat digunakan tanpa adanya revisi. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/260379 |
Actions (login required)
View Item |