Evaluasi program pembelajaran online masa pandemi kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smk islam 1 blitar / Muhamad Zidan Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran online masa pandemi kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smk islam 1 blitar / Muhamad Zidan Fauzi

Fauzi, Muhamad Zidan (2022) Evaluasi program pembelajaran online masa pandemi kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smk islam 1 blitar / Muhamad Zidan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi program adalah suatu kegiatan mengumpulkan informasi tentang satuan kegiatan di suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang guna mengambil sebuah keputusan. Evaluasi penting perannya dalam menemukan kekurangan dalam suatu pelaksanaan kegiatan hingga dapat diperbaiki atau dapat diputuskan apakah kegiatan tersebut dapat diteruskan atau tidak. Untuk itu evaluasi sangat penting dilakukan di setiap kegiatan yang telah berlangsung yang kemungkinan kedepannya akan dilakukan lagi agar kedepannya dapat lebih baik. Dampak dari covid-19 membuat banyak sekolah tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka hingga demi tetap berjalannya pembelajaran maka dilaksanakanlah pembelajaran online. Karena pembelajaran online cukup tergesa-gesa dilaksanakan demi pembelajaran tetap dapat dilaksanakan meski dalam masa pandemi yang mengurangi kerumunan pembelajaran online adalah salah satu solusi yang dapat digunakan. Dalam pelaksanaannya pembelajaran online ini terdapat beberapa permasalahan seperti kendala jaringan kuota dan juga gawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran online berdasarkan aspek yang ditentukan peneliti. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis deskriptif kuantitatif dengan evaluasi model IPO (input proses output). Populasi pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Islam 1 Blitar dengan pengambilan sampel 55 siswa dan 15 guru dengan pembagian angket selain angket data diambil juga dari nilai tugas harian siswa. Keseluruhan data diolah hingga menghasilkan data kualitas pembelajaran online dalam bentuk persen. Untuk alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada siswa dan guru serta dokumentasi untuk data nilai tugas harian siswa yang melaksanakan tugas secara online. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan pembelajaran online di SMK Islam pada aspek input siswa mendapat rata-rata sebesar 72 7% dan input guru 80% masuk kategori baik aspek proses siswa dengan rata-rata sebesar 72 8% dan guru 82 8%termasuk kategori baik dan aspek output mendapat rata-rata sebesar 71 2% masuk dalam kategori baik namun perlu diketahui dalam indikator-indikator dalam aspek terdapat beberapa yang mendapat nilai cukup saja seperti dalam aspek input siswa pada sarana siswa pada indikator jangkauan dan kuota internet nilai cukup rendah dan pada guru pada indikator penyampaian materi. Pada tahap proses siswa pada indikator ketertiban mendapat nilai terendah sedangkan pada proses guru sudah baik. Pada aspek Output nilai yang cukup rendah pada indikator kedisiplinan pengumpulan tugas dan transparansi nilai oleh guru. Selain hasil yang didapat pada penelitian ini juga ada saran yang ditujukan untuk pengembangan pembelajaran berbasis online di SMK Islam 1 Blitar diantaranya adalah (1) Lebih mengembangkan aplikasi media pembelajaran online serta membuat panduan cara menggunakan aplikasi pembelajaran online. (2) Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran online seperti menguasai aplikasi pembelajaran online membuat materi yang menarik menggunakan metode pembelajaran yang memacu semangat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260372

Actions (login required)

View Item View Item